Cek Kesiapan Mudik 2023, Jokowi Harap Kemacetan Panjang di Cikuasa Tak Terulang

Presiden Jokowi pimpin Ratas Mudik Lebaran 2023 dari Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya rapat terbatas (ratas) untuk membahas persiapan jalannya Mudik Lebaran tahun 2023. Ratas ini digelar langsung di Pelabuhan Merak setelah Presiden Jokowi meninjau kondisi Pelabuhan Merak jelang puncak arus mudik lebaran 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Dalam pengantarnya pada rapat tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki pada mudik tahun 2023 ini. Jokowi menginginkan jalannya mudik tahun ini lebih baik jika dibandingkan dari tahun 2022 lalu.

"Melihat mudik tahun yang lalu, ada catatan-catatan yang harus kita perbaiki, dan catatan besarnya itu ada di Pelabuhan Merak dan juga di jalan tol. Oleh sebab itu, secara detail yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat, sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudiknya, harus lebih baik," kata Jokowi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Selasa 11 April 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mewanti-wanti agar jangan sampai kemacetan panjang di jalur Cikuasa atas dan Cikuasa Bawah terulang. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2022 lalu, macet parah terjadi di dalam ruas tol Tangerang-Merak yang diperkirakan kemacetan terjadi sepanjang 8 kilometer jika dihitung dari Jalan Cikuasa Atas.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Karena kalau kita ingat tahun yang lalu problem besar ada di Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah. Apakah perbaikan yang kita lakukan betul-betul bisa menghilangkan problem yang telah terjadi di tahun yang lalu," ujar Jokowi

Jokowi mengatakan, bahwa dirinya sangat menghargai apa yang sudah dilakukan oleh Pelabuhan Merak guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu upaya yang menurut Jokowi cukup baik adalah penambahan 2 dermaga dan juga penambahan kapasitas pemudik yang cukup signifikan.

"Ada penambahan kapasitas yang cukup signifikan, kapasitas dari 34.000 ke 49.000, ini sebuah lompatan jumlah yang cukup besar, karena kita tahu yang mudik nanti dari 86 juta tahun yang lalu, tahun ini diperkirakan dari hasil survei itu 123 juta, dari 86 juta, ke 123 juta. Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan tambahan Pelabuhan Dermaga ini sangat penting sekali," kata Jokowi

Menurut Jokowi, memang secara manajemen, persiapan menghadapi pemudik tahun 2023 ini terlihat cukup baik. Sebab, di Pelabuhan Merak sudah dibuat jalur secara khusus untuk kendaraan dan telah disesuaikan dengan jenis kendaraan yang akan menyeberang melalui pelabuhan merak.

Macet mudik di Pelabuhan Merak 30 April 2022

Photo :
  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

Oleh karena itu, Kepala Negara berharap pelaksanaannya di lapangan nanti berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Presiden menekankan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Tadi juga saya lihat manajemennya sudah sangat detail. Pelabuhan mana yang digunakan untuk kendaraan berat, pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan bermotor, dan pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan kecil dan bus. Saya kira secara manajemen sangat baik, tetapi sekali lagi, nanti akan kita lihat jalannya manajemen itu di lapangan seperti apa," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya