Tak Gelar Open House, Jokowi Bolehkan Pejabat Kumpul Keluarga Saat Lebaran

Presiden Jokowi dan Ketum PAN Zulkifli Hasan di acara Silaturahmi Ramadhan PAN
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa saat Lebaran Idul Fitri tahun 2023 ini dirinya tak menggelar tradisi acara silaturahmi secara terbuka atau open house. Namun meski begitu, Kepala Negara tak melarang apabila ada pejabatnya atau masyarakat yang ingin melakukan tradisi open house saat Lebaran nanti.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Menurut Jokowi, memang 3 tahun terakhir ini masyarakat Indonesia tidak dapat melaksanakan open house dikarenakan adanya pandemi virus COVID-19 yang menyerang. Oleh karena itu, melihat penanganan pandemi COVID-19 yang mulai terkendali, Jokowi membolehkan jika masyarakat atau pejabat negara melakukan open house pada tahun ini.

"Ini Kita kan sudah 3 tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya memberikan keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya, bisa berjumpa dengan sahabat-sahabatnya, bisa berjumpa dengan tetangga-tetangganya," kata Jokowi, usai peresmian Hunian Milenial Untuk Indonesia, Kamis 13 April 2023.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Ilustrasi Open House Lebaran Presiden Joko Widodo pada tahun 2018.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menegaskan bahwa Presiden Jokowi tak memggelar opern hous pada Lebaran tahun ini. Bahkan menurutnya, Presiden juga membatasi perangkat yang mendampinginya selama masa cuti bersama lebaran.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Bapak Presiden tidak mengadakan open house. Bahkan perangkat yang terkait kegiatan selama lebaran dan cuti bersama, Bapak Presiden minta sangat terbatas," kata Bey kepada wartawan.

Open House Lebaran Presiden Joko Widodo

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Presiden Jokowi, menurut Bey, sangat memahami bagaimana kerinduan masyarakat tanah air yang telah lama tidak dapat berkumpul dengan keluarga karena Pandemi COVID-19. Mala dari itu, Presiden Jokowi tak melarang jika ada pejabat atau masyarakat menggelar open house.

"Bapak Presiden memberi kesempatan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga," ujar Bey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya