12 Ribu Orang Mudik dengan Kereta Lewat Stasiun Gambir Hari Ini, Daerah Favorit Jatim dan Jateng

Direktur Keamanan dan Keselataman PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sandry Pasambua
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Nasional – Direktur Keamanan dan Keselamatan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sandry Pasambua mengatakan pada hari ini, Jumat 14 April 2023, ada kenaikan penumpang yang mudik dengan kereta lewat Stasiun Gambir.

Gunung Semeru 5 kali Erupsi hingga 900 Meter, Radius 5 Km Rawan Lontaran Batu Pijar

"Hari ini, Gambir 12 ribuan. Tren mulai hari ini meningkat," kata dia kepada wartawan, Jumat 14 Maret 2023.

Dua menyebut selama masa angkutan Lebaran, ada 7.458 perjalanan. Kemudian, armada yang disiapkan untuk dioperasikan sebanyak 478 lokomotif, 1706 gerbong. Pihaknya pun mempersiapkan petugas ekstra prasarana. Ada 345 petugas penjaga jalan lintas atau namanya PJL, kemudian petugas pemeriksa jalur atau PPJ sebanyak 363 orang.

Aktivitas Vulkanik Meningkat Gunung Slamet Bisa Picu Gempa dan Erupsi, Menurut BPBD

Lalu ada petugas daerah pemantauan khusus atau Dapsus sejumlah 180 orang. "Kemudian personel Kamtib terdiri dari 1.256 Polsuska, kemudian 2.467 sekuriti, 442 TNI-Polri berasal dari eksternal," ujarnya.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Jarak Bahaya Gunung Slamet Diperluas Jadi 3 Kilometer

Dia menambahkan, untuk posko masa angkutan Lebaran dari pihaknya mulai beroperasi selama 19 hari mulai hari ini sampai dengan 2 Mei 2023. Meliputi posko keamanan, posko operasi, posko kesehatan, posko pelayanan, posko data, dan lain-lain.

"Ini banyak, termasuk masalah keselamatan kami menyiapkan emergency tim," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejauh ini tujuan dominan pemudik yang menggunakan kereta api adalah ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Tujuan paling dominan arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kami, dari 777 ribu (tiket) sudah hampir 500 ribu lebih sudah terjual," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya