Intip Strategi ASDP Agar Tak Ada Kemacetan Horor di Pelabuhan Merak saat Mudik Lebaran

Ilustrasi kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak,
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

VIVA Nasional – Direktur Pelayanan dan Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) M Yusuf Hadi mengungkapkan, kesiapan ASDP menghadapi arus mudik yang diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Yusuf Hadi mengatakan, pihaknya telah merencanakan lebih awal terkait kesiapan tersebut. Salah satunya yaitu penambahan kapasitas daya tampung Pelabuhan Merak dan peningkatan 1.000 lahan parkir.

"Persiapan pada Angkutan Lebaran tahun ini telah kami rencanakan dan koordinasikan lebih awal, diantaranya penambahan kapasitas daya tampung pelabuhan untuk kelancaran trafik di Pelabuhan Merak, peningkatan 1.000 kapasitas lahan parkir kendaraan kecil, serta pembangunan Access Bridge penghubung Terminal Eksekutif ke Dermaga 1 penyeberangan," kata Yusuf Hadi dalam keterangannya, Jumat 14 April 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Yusuf Hadi menjelaskan bahwa terdapat peningkatan kapasitas layanan pada Angkutan Lebaran tahun ini, dengan memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B yang dialihkan ke Pelabuhan perbantuan Ciwandan dan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023. Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. 

Sementara untuk yang ingin
menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Kemudian, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023. 

Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, 2 Kapal ALP, dan 1 Kapal Pelni sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal.

"Pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang, karena tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan," kata Yusuf Hadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya