Mudik Lebaran, 41.456 Kendaraan Lintasi Tol Cikupa Menuju Merak

Forkopimda Provinsi Banten menggelar patroli bersama jelang mudik lebaran
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023, pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung sudah mulai nampak. Seperti di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak, tercatat sebanyak 41.456 kendaraan melalui ruas tersebut dari Gerbang Tol Tangerang menuju Merak. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Kepala Induk PJR Serang Korlantas Polri Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno mengatakan, jumlah kendaraan 41.456 itu merupakan total yang melintas sejak Sabtu, 15 April 2023 hingga hari ini Minggu, 16 April 2023. 

"Total keseluruhan yang arah Merak dari Gerbang Tol Cikupa sebanyak 41 ribuan, yang kami prediksi akan terus meningkat jelang puncak arus mudik tanggal 19 April 2023. Lalu, untuk arah sebaliknya yakni ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikupa sebanyak 47.477 kendaraan," kata Wiratno pada Minggu, 16 April 2023.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau jalur mudik via udara

Photo :
  • dok Polri

Sementara ini, untuk situasi arus lalu lintas Tol Tangerang-Merak pun masih terpantau lancar. Meski demikian, pihaknya menerapkan beberapa rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya kepadatan menuju Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Untuk mengurai kepadatan, kami melakulan delaying system. Khusus kendaraan besar dimasukkan ke Rest Area KM 43 A dan KM 68 A, guna mengurangi kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Ciwandan," ujarnya. 

Selanjutnya, kata dia, dalam mengantisipasi kepadatan dalam arus mudik lebaran 2023, Polri dalam hal ini bersama Satlantas Polresta Tangerang pun menyediakan 6 pos mudik 2023 yang disediakan untuk tempat beristirahat para masyarakat yang melakukan perjalanan jauh.

Adapun, untuk titiknya berada di Pos Terpadu Citra Raya, Pos Pelayanan Jayanti, Pos Pengamanan Kuta Bumi Pasar Kemis, Balaraja Barat, Rest Area 43 dan 45 Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak.

Sebelumnya diberitakan, Polri bersama dengan stakeholder terkait akan melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Operasi ini dilakukan guna memastikan kesiapan dalam mengamankan seluruh rangkaian Lebaran tahun 2023. Kegiatan apel gelar pasukan tersebut bakal dilaksanakan pada Senin, 17 April 2023. 

"Hari Senin kita akan melaksanakan apel Operasi Ketupat. Setelah itu, berikutnya kita gelar seluruh personel. Itu menandakan bahwa Operasi Ketupat sudah kita mulai," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat malam, 14 April 2023.

Dengan adanya gelar pasukan yang menandakan Operasi Ketupat dimulai, Kapolri berharap seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan libur Lebaran 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Mudah-mudahan seluruh rangkaian pergelaran operasi yang kita laksanakan, termasuk dengan seluruh stakeholder terkait tentunya bisa memberikan suasana yang nyaman dan masyarakat yang akan mudik bisa lancar," ujarnya. 

Mantan Kabareskrim Polri ini pun telah memerintahkan jajarannya untuk mengevaluasi titik-titik kemacetan yang terjadi pada arus mudik dan balik pada tahun-tahun sebelumnya. 

Dengan begitu, Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bisa mengantisipasi serta menyiapkan seluruh kesiapan dengan baik dan matang agar meminimalisir kemacetan. 

"Tentunya kemacetan-kemacetan yang akan kita hadapi, saya telah arahkan kepada seluruh anggota agar bisa melakukan evaluasi sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa diantisipasi," ujar Sigit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya