Tarekat Naqsabandiyah Sumut Lebaran Kamis, Besok Takbiran

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah berlebaran lebih awal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA Nasional – Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah, pada Kamis 20 April 2023. Sehingga besok malam, Rabu 19 April 2023, mereka akan menggelar malam takbiran dan paginya, salat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Sesuai arahan dan petunjuk Tuan Guru bahwa 1 Syawal 1444 Hijriah, bertepatan pada hari Kamis tanggal 20 April 2023 Masehi," kata jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 18 April 2023.

Markum mengungkapkan untuk jamaah berada di Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Deli Serdang. Kegiatan salat Idul Fitri akan dilaksanakan di RIS Marendal, Kabupaten Deli Serdang, Kamis pagi, 20 April 2023, sekitar pukul 07.45 WIB.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Pada salat Idul Fitri tersebut bertindak selaku iman dan khotib Tuan Nur Zikri dari Medan," sebut Markum.

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah berlebaran lebih awal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Markum mengungkapkan usai salat Idul Fitri akan digelar makan bersama dengan jamaah yang hadir. "Harapkan jemaah dapat hadir dan konsumsi sudah disediakan. Demikian disampaikan berkah Tuan Guru, kita semua sehat dan istiqomah, aamiin," ucap Markum.

Sebelumnya, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah memulai puasa Ramadhan lebih awal. Dimana mereka menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Selasa 21 Maret 2023. 

Penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal 1444 Hijriah ini, Markum mengungkapkan berdasar perhitungan Hisab Qomariah yang dilaksanakan di Pesantren Pusat, di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Hisab dilaksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidin yang dipimpin oleh Tuan Guru langsung Buya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya