Mudik Lebaran, Kapolri Wanti-wanti Anggotanya Jangan Sampai Stuck

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewanti-wanti jajarannya untuk terus mengatur arus lalu lintas mudik jelang dan pasca Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023. Walaupun kendaraan padat, ia ingin arus lalu lintas tetap berjalan dengan lancar.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sigit menjelaskan ada dua hal yang menjadi prioritas saat puncak arus mudik. Pertama, mengatur arus lalu lintas dengan skema rekayasa yang sudah disiapkan untuk kendaraan khususnya moda darat. 

"Kendaraan yang bergerak dari arah barat ke timur, mulai dari Karawang, Cikampek, sampai dengan Kalikangkung ini tentunya menjadi prioritas kita. Memang rekayasa yang dilaksanakan dari mulai awalnya normal, contraflow, mulai tadi malam sampai malam nanti pukul 24.00 WIB, kita terus laksanakan sistem one way," kata Sigit di Jakarta Pusat pada Rabu, 19 April 2023.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Menurut dia, sistem one way akan dievaluasi untuk memutuskan apakah tetap diteruskan atau beralih ke contra flow. Makanya, ia berharap anggotanya dapat mengatur arus dengan skema rekayasa yang ditentukan, sehingga tidak ada lalu lintas yang terhambat.

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

"Mudah-mudahan, ini semua bisa kita kelola dengan baik. Walaupun padat, namun jangan sampai ada lalu lintas yang stuck," ujarnya.

Prioritas kedua, kata dia, kondisi kesehatan pemudik. Kata Sigit, pihaknya akan berjaga di titik tertentu untuk mengingatkan pemudik akan potensi kelelahan yang muncul saat berkendara.

"Masyarakat yang sudah mengendarai kendaraan lebih dari 4 jam, itu potensi kelelahan pasti muncul. Sehingga, apabila dipaksakan akan terjadi potensi kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyarankan masyarakat yang melakukan arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 menggunakan kendaraan pribadi, agar hati-hati dan jangan memaksakan menyetir jika sudah merasa lelah. Sebaiknya, kata dia, warga menepi untuk istirahat di rest area yang telah disiapkan.

"Untuk masyarakat yang mudik agar melaksanakan mudik dengan hati-hati, jangan terburu-buru. Kalau capek, silahkan istirahat di rest area yang sudah disiapkan," kata Sigit di Jakarta pada Senin, 17 April 2023.

Kemudian, Sigit juga meminta kepada masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi agar mematuhi aturan dan skema lalu lintas yang telah disiapkan. Tentunya, kata dia, ikuti arahan dan petunjuk petugas di lapangan supaya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

"Patuhi ketentuan yang sudah diatur oleh petugas, sehingga semua bisa terlayani dengan baik. Kami mengharapkan potensi resiko kemacetan atau kecelakaan yang terjadi bisa kita eliminir sekecil mungkin," ujarnya.

Sementara, Sigit mengatakan masyarakat yang mudik melalui Pelabuhan Merak untuk berangkat pada siang hari. Tentu, Polri bersama TNI dan stakeholder lainnya siap memberikan pengamanan dan pengawalan bagi masyarakat yang mudik.

"Karena memang TNI, Polri siap memberikan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melintas. Yang takut adanya potensi tindak pidana, ini untuk mengurangi beban penyeberangan yang tentunya akan meningkat luar biasa," ujarnya.

Diketahui, Operasi Ketupat 2023 ini melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, serta kementerian/lembaga terkait. Nah, mereka akan ditugasi mengisi 2.787 pos dengan rincian 1.857 pos pengamanan 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya