Soal Perbedaan Hari Lebaran, Menko Muhadjir: Pemerintah Mengakomodasi Semua

Menko PMK Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy minta agar perbedaan 1 Syawal 1444 Hijriah antara pemerintah dan Muhammadiyah tak diperdebatkan. Kata dia, Pemerintah bakal mengakomodir kepentingan warganya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Perbedaan biasa dan pemerintah mengakomodasi semua jadi tidak ada yang didiskriminasi," ujarnya kepada wartawan, Jumat 31 April 2023.

Dirinya menyebut saat terjadi perbedaan, toleransi tetap harus dikedepankan. Muhadjir merayakan Idul Fitri hari ini sesuai keyakinannya sebagai jamaah Muhammadiyah.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menko PMK Muhadjir Effendy melihat langsung bekas kerusuhan dalam Tragedi Kanjuruhan.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

"Kalau yang melaksanakan (lebaran) gelombang kedua besok ya tentu saja kita ucapkan selamat, saling berikan selamat lah tidak ada masalah," katanya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Keputusan itu didapat dari hasil sidang Isbat, yang digelar di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta, pada Kamis, 20 April 2023.

Dengan demikian, terdapat perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/Lebaran 2023, antara pemerintah dengan Muhammadiyah yang memutuskan Idul Fitri 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya