Arus Balik, One Way Tol Kalikangkung-Cikampek hingga Jam 12 Malam Ini

Kondisi jalur one way di tol Kalikangkung Semarang
Sumber :
  • tvOne/Teguh Sutrisno

VIVA Nasional – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, memperpanjang rekayasa lalu lintas one way pada arus balik yang semula berakhir tadi malam pukul 24.00 WIB, kini diperpanjang hingga Selasa 25 April 2023 pukul 24.00 WIB. Rekayasa one way diberlakukan mulai dari KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Jakarta Cikampek.

Temuan Mayat Pria dalam Toren di Pondok Aren, Polisi: Korban Masih Hidup saat Masuk

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa, 25 April 2023 pukul 24.00 WIB, namun apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jaya, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way," ujar Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Selasa 25 April 2023.

Korlantas Polri juga meng-update kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Banyumanik, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut-turut mencapai 3.455 kendaraan per jam, masuk kedalam parameter rekayasa lalin 3.000 kendaraan per jam.

DPR Ingatkan Polri Jangan Tutup-tutupi Orang Tertentu dalam Kasus Vina Cirebon

Sementara di Gerbang Tol Kalikangkung, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut-turut mencapai 2.440 kendaraan per jam, parameter rekayasa lalu lintas sebesar 3.220 kendaraan per jam.

Bye-bye Banyak Aplikasi, Begini Strategi Irjen Dedi Bikin Birokrasi di Internal Polri Sederhana

"Traffic counting di KM 190 B Palikanci, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.752 kendaraan per jam, masuk kedalam parameter rekayasa lalu lintas 2.700 kendaraan per jam. Volume lalu lintas rata-rata di KM 190 B belum terhitung volume lalu lintas dari Gerbang Tol samping di Ruas Cipali," kata Eddy. 

Pihak Eddy juga memantau melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan masih terdapat peningkatan arus lalin yang cukup merata dari arah Semarang dan Solo menuju ke arah Barat.

Kemudian, dari pemantauan petugas dari arah Bandung dan Cileunyi mengalami peningkatan arus yang signifikan. Gerbang Tol Cikatama, Kalihurip dan Kalitama, rata- rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut-turut mencapai 7.511 kendaraan per jam, masuk kedalam parameter contraflow Japek sebesar 6.440 kendaraan per jam untuk ketiga Gerbang Tol tersebut.

Traffic counting di KM 73 B Cipularang, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.128 kendaraan per jam, masuk kedalam parameter contra flow di Ruas Japek sebesar 2.700 kendaraan per jam.

"Saat ini rekayasa lalu lintas one way sudah dilaksanakan dari KM 414 (GT Kalikangkung) sampai dengan KM 72 (Cikampek) dilanjutkan dengan rekayasa contra flow dua lajur dari KM 72 (Cikampek) sampai dengan KM 47 Ruas Japek," tutur Eddy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya