Pengakuan Pemudik Atas Kinerja Polri saat Amankan Arus Mudik-Balik Lebaran

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di GT Kalikangkung
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 merasakan betul dampak kerja keras dari jajaran Polri beserta instansi terkait lainnya, dalam memberikan pengamanan serta pelayanan.

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Seperti yang dirasakan oleh, Deniati, salah satu pemudik yang menggunakan transportasi darat menyatakan bahwa, dengan adanya kesiapan aparat kepolisian dalam memberlakukan kebijakan rekayasa lalu lintas, arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini lebih lancar dan nyaman. 

"Terima kasih untuk jajaran Kapolri dan lainnya atas kerja sama untuk melancarkan mudik tahun 2023 ini," kata Deniati saat ditemui di KM 62 Tol Cikampek, Kamis, 27 April 2023.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Senada, pemudik lainnya, Ayu mengungkapkan, perjalanan mudik dan baliknya pada Idul Fitri tahun ini jauh lebih lancar dan aman. Menurutnya, hal itu merupakan hasil dari kerja keras seluruh jajaran kepolisian. 

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

"Terima kasih kepada Pak Kapolri dan jajaran atas arus mudik yang sekarang benar-benar lancar. Arus balik ataupun mudik benar-benar lancar. Makasih Pak Kapolri," ujar Ayu ditemui di lokasi yang sama. 

Bahkan, masyarakat juga berharap kepada seluruh jajaran kepolisian untuk tetap mempertahankan tren positif dalam memberikan pelayanan dan pengamanan arus mudik serta balik kedepannya.  

"Terima kasih Pak Kapolri dan jajaran terkait arus mudik dan balik. Semoga ke depan jadi lebih baik lagi," ucap Idan pemudik lainnya. 

Tak hanya di jalur tol, masyarakat yang melakukan perjalanan via laut, juga merasakan suasana arus mudik yang aman dan lancar.

Kapolri bersama Panglima TNI dan Menhub meninjau arus mudik di Bakauheni

Photo :
  • dok Polri

Apresiasi dan kesan positif akan pengamanan serta pelayanan arus mudik juga disampaikan para masyarakat yang melakukan perjalanan lewat jalur laut. 

Salah satunya, Firdaus, seorang pemudik yang mudik ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten. Menurutnya, pengamanan dan pelayanan pada Lebaran tahun ini lebih baik serta optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

"Kesannya mudik tahun ini serasa beda jadi lancar meskipun ibarat sudah titik puncak kemacetan. Alhamdulillah tidak terkendala kemacetan karena terorganisir, dari polisi dibatasi jalannya dan dari Jakarta ke Jabar lancar sejauh ini.  Sampai ke pelabuhan saya tidak terkena calo tiket. Dan pesannya ke polisi lebih ditingkatkan lagi agar suasana mudik tahun kedepannya bisa jauh lebih baik lagi," ucap Firdaus. 

Warga merasakan pengaturan lalu lintas, khususnya di pelabuhan telah terorganisir dengan baik. Sehingga, kemacetan horor di jalur laut pada tahun ini tidak terjadi. 

"Semuanya petugas lalu lintas, terutama Kapolres terima kasih. Untuk aturan jalur lalu lintasnya, bagus banget, tidak ada macet. Pokoknya mantap untuk tahun ini," tutur Musdalifah, pemudik di Pelabuhan Merak. 

Pemudik lainnya bahkan merasa perjalanan mudik dan baliknya dari Pulau Jawa ke Sumatera, pada tahun ini merupakan dambaan selama hidupnya, melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halamannya. 

"Alhamdulillah tahun ini arus mudiknya lancar dan aman tidak ada kendala macet sama sekali. Ya sesuailah dengan angan-angan kita yang mau mudik, tidak ada hambatan sama sekali untuk perjalanan kita. Alhamdulillah kami sekeluarga bisa lancar dan aman. Di kapal juga tidak ada hambatan ya untuk pembelian tiket, Alhamdulillah lancar," papar pemudik lainnya, Anton. 

Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meninjau langsung kesiapan arus mudik di Terminal Purabaya, Jawa Timur, Selasa, 18 April 2023.

Photo :
  • Polri

Rasa aman dan nyaman, juga dirasakan oleh seorang pemudik bernama, Tiwi. Mudik dengan menggunakan transportasi umum, Ia kini tidak lagi merasa was-was akan tindak kejahatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. 

Menurutnya, perjalanannya dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa jauh merasa tenang berkat adanya penjagaan dan pengamanan dari aparat kepolisian di setiap titik-titik yang berpotensi rawan tindak kejahatan. 

"Terima kasih juga untuk pihak terkait, polisi-polisi yang amankan daerah rawan macet, pejalan kaki yang sekiranya banyak copet untuk tahun ini, Alhamdulillah lancar. Sudah tidak ada kendala sama sekali. Perjalanan mudiknya lancar.  Untuk pejalan kaki, Alhamdulillah lancar tidak ada hambatan sama sekali," kata Tiwi yang ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

Masyarakat pun merasa puas atas kinerja dari TNI, Polri dan seluruh lintas terkait yang telah bekerja keras mewujudkan arus mudik dan balik Lebaran 2023 yang aman, lancar dan berkesan. 

"Senang sekali saya tahun ini bisa mudik bersama keluarga tercinta. Dan terima kasih buat pelayanan dan juga pengawalan dari instansi terkait. Mudah-mudahan tahun depan, ada pelayanan seperti ini lagi," tutup Malik di lokasi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya