Polisi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Kebakaran di Malang Plaza

Kondisi terkini kebakaran Malang Plaza di Kota Malang, Jatim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

VIVA Nasional – Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di Malang Plaza, Selasa, 2 Mei 2023. Kebakaran hebat melanda plaza pertama di Kota Malang yang terletak di Jalan Agus Salim, Klojen pada dini hari sekira pukul 00.30 WIB. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Seluruh gedung plaza habis terbakar. Kebakaran diduga berawal dari lantai 3. Pantauan pada Selasa pagi, api membakar habis hingga bagian depan gedung. Sementara petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam. "Tidak ada korban jiwa. Penyebabnya masih tidak tahu," kata perwira yang akrab disapa Buher ini. 

Kepala Satpol PP Kota Malang Heru Mulyono mengatakan, saat ini korban kebakaran di Malang Plaza sedang didata untuk menghitung kerugian. Ratusan pemilik outlet maupun konter menjalani pendataan di Mini Blok Office (MBO) Kota Malang. 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kondisi terkini kebakaran Malang Plaza di Kota Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

"Sekarang kita kumpulkan di MBO. Mereka kita data, ini korban kerugian bukan korban jiwa. Sementara PMK masih terus berusaha memadamkan api termasuk melakukan pendinginan," ujar Heru. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran pertama kali terjadi di lantai 3 gedung Malang Plaza. Di lantai 3 terdapat gedung bioskop Mandala dan pusat perbelanjaan gawai. Api diduga berasal dari tempat ini. 

"Infonya sih dari gedung bioskop. Api memang berawal dari atas atau lantai 3," kata salah satu warga di lokasi, Afif. 

Petugas pemadam kebakaran mengerahkan 8 unit mobil pemadam ke lokasi. Mereka tiba pada pukul 01.00 WIB. Hingga pukul 07.00 WIB petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam.

Sementara arus listrik sudah dimatikan oleh petugas PLN sejak dinihari saat kebakaran pertama kali diketahui. Polisi pun telah berjaga di lokasi untuk memastikan area kebakaran steril dan aman. 

"Kobaran api baru menyala sampai bagian depan itu sekitar pukul 01.15 WIB. Itu sudah terbakar semua gedungnya," ujar Afif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya