5 Fakta Aksi Penembakan di Kantor MUI Pusat, Pelaku Tewas

Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Aksi penembakan terjadi di gedung kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat yang berada di kawasan Menteng, Jakarta pada Selasa, 2 Mei 2023.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas membenarkan ada peristiwa penembakan di Kantor MUI, Jakarta. Iya betul, ujar Waketum MUI Anwar Abbas, Selasa, 2 Mei 2023. Berikut deretan fakta mengenai aksi penembakkan yang terjadi di kantor MUI pusat yang dapat VIVA berikan:

Aksi Penyerangan Awalnya Viral di Media Sosial

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat

Photo :
  • Dok Polri

Sebelumnya diberitakan, kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat dikabarkan diserang oleh orang tak dikenal (OTK). Aksi penyerangan ini viral di media sosial salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh.

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

"Terjadi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal," seperti dikutip VIVA dari akun Twitter @.facialwashh, Selasa, 2 Mei 2023.

Dua Orang Karyawan MUI Alami Luka-luka

Kantor MUI Pusat di Jakarta ditembak OTK

Photo :
  • Istimewa

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh menyebut ada dua korban penembakan di kantor pusat MUI.

"Korban berjumlah dua orang," ujar dia kepada wartawan, Selasa 2 Mei 2023.

Katanya, seorang korban ada yang terkena tembakan. Kemudian, satu orang lagi terluka kena pecahan kaca. Mereka masih dapat perawatan di Rumah Sakit. Ada yang luka di punggung dan tangan. "Kena kaca dan satu kena tembakan," kata dia.

Pelaku Mengaku Tuhan

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat

Photo :
  • Dok Polri

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah kemungkinan telah terjadi penembakan di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat. Pelaku Orang Tak Dikenal (OTK) itu mengaku sebagai tuhan.

“Iya benar di halaman depan kantor MUI ada beberapa kaca pecah, ada korban dari pihak kita, sudah dibawa ke rumah sakit. Saya kira ini bentuk teror yang mengaku Tuhan. Iya dia bilang ngaku Tuhan,” tutur Ikhsan saat dikonfirmasi oleh Media, Selasa, 2 Mei 2023.

Aksi Berbarengan dengan Kegiatan Rapat Pimpinan dan Silaturahmi

Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Menurut Ikhsan, tidak ada yang mengenal orang tersebut. Adapun kegiatan di Kantor MUI Jakarta ada rapat pimpinan (Rapim) dan kegiatan silaturahmi.

“Nggak ada yang kenal (pelaku), di atas sedang halal bi halal,” jelas dia.

Ikhsan mengatakan, pelaku telah dibawa ke Polsek Menteng. Ada tiga korban penembakan yakni petugas keamanan, staff, dan front officer.

“Terluka tangan dan punggung, peluru karet,” Ikhsan menandaskan.

Pelaku Meninggal Dunia

Polisi mengungkapkan terduga pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta tewas.

Informasi ini disampaikan, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin dalam keterangannya, Selasa, 2 Mei 2023, dikutip dari Antara.

"Pelaku sudah meninggal," kata Komarudin.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan terkait penyebab tak terduga pelaku tewas.

Penyelidikan Masih Berlanjut

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin dia tidak menjelaskan terkait penyebab tak terduga pelaku tewas. Dia hanya menyebutkan, saat ini diminta masih berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan sementara, Komarudin menyebut pelaku penembakan terdiri dari satu orang dengan barang bukti satu buah pistol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya