Kisah Petugas PMK Berjibaku Padamkan Kebakaran Malang Plaza, Sempat Sesak Napas dan Kolaps

Petugas pemadam kebakaran Kota Malang nendapat pertolongan medis.
Sumber :
  • Dokumen Pemadam kebakaran Kota Malang.

VIVA Nasional – Petugas pemadam kebakaran berusaha keras untuk menjinakan kobaran api di Malang Plaza pada Selasa, 2 Mei 2023. Di tengah perjuangan ini ada kisah heroik yang dialami oleh Anang Yuwono, salah satu petugas PMK yang bertugas memadamkan api. 

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Dia merupakan salah satu petugas yang terlibat dalam proses pemadaman di Malang Plaza. Dia mengalami sesak nafas saat berusaha memadamkan titik api di lantai 2 gedung. Akibatnya Anang harus mendapat pertolongan medis dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit. 

"Memang pemadaman yang cukup sulit dilantai 1 dan 2. Nah yang dilantai 2 ini saya sempat kewalahan karena banyak HP terbakar memunculkan bau yang menyengat. Kondisi perlengkapan pernapasan saya hilang," kata Anang, Selasa, 2 Mei 2023. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Petugas Akhirnya Berhasil Padamkan Kebakaran Malang Plaza 

Photo :
  • Uki Rama (Malang)

Kebakaran ini terjadi sejak Selasa, 2 Mei 2023 pukul 00.30 WIB. Dia merasa sesak nafas dan kolaps hingga akhirnya memilih mundur dan keluar gedung pada pukul 06.30 WIB. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Sementara proses pemadaman dilakukan hampir 12 jam lebih dengan melibatkan puluhan petugas dan relawan. Kebakaran di Malang Plaza pun berhasil dijinakkan pada pukul 13.30 WIB. 

"Saat itu saya kolaps terus mau tidak mau saya harus keluar. Saat itu, saya lagi pegang nosel, terus saya teriak lewat HT dan saya keluar pada sekitar pukul 06.30 WIB," ujar Anang. 

Kondisi terkini kebakaran Malang Plaza di Kota Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Meski sempat kolaps dan mendapat perawatan intensif tim medis, Anang mengaku tidak mempersoalkannya. Anang mengatakan, risiko yang dia alami merupakan bagian dari pekerjaannya sebagai petugas pemadam kebakaran.  "Memang berat karena ini kebakaran besar. Tapi bagaimanapun ini adalah tugas kami," tutur Anang. 

Sebagai informasi, kebakaran pertama kali terjadi di lantai 3 gedung Malang Plaza. Di lantai 3 terdapat gedung bioskop Mandala dan pusat perbelanjaan gawai. Api diduga berasal dari tempat ini. 

Malang Plaza adalah plaza pertama di Kota Malang yang dibangun pada 1986 silam. Tempat ini dulunya merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Kota Malang. Saat ini Malang Plaza merupakan pusat elektronik dan gawai di Kota Malang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya