Polri sebut Pengawalan Delegasi KTT Asean Aman dan Lancar hingga Penutupan

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Nasional – Sejak dimulainya Operasi Komodo Terpusat 2023 hingga saat ini, pengamanan pengawalan para tamu delegasi maupun kepala negara KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo, disebut berjalan aman dan lancar.

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Hal itu diungkap Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Aan Suhanan. Kata dia, pengamanan dilakukan oleh Polri bersama TNI dan stakeholder terkait. Adapun pengawalan terus diberikan ke delegasi hingga ke bandara.

"Evaluasi sejak tanggal 7 kita melakukan pengamanan, baik itu VIP maupun VVIP. Alhamdulillah secara umum ini berjalan dengan lancar mengamankan seluruh delegasi dan seluruh kegiatan, baik itu kegiatan side event maupun main eveny-nya, berjalan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan," kata dia kepada wartawan, Kamis 11 Mei 2023.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

(KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Photo :
  • DPR RI

Kata Aan, keberhasilan pengamanan KTT ASEAN Summit ke-42 tidak terlepas dari adanya peran sinergitas dan kolaborasi antara TNI-Polri serta stakeholder terkait. Terutama andil masyarakat dalam memberikan kelancaran dengan mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan, sehingga pelaksanaan KTT ASEAN berjalan aman dan lancar.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

"Tentu saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Labuan Bajo dan seluruh pemangku kepentingan yang mau bersama-sama mensukseskan acara KTT ASEAN 2023 ini," ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Menurut dia, kegiatan KTT ASEAN di Pulau Komodo berjalan lancar.

“Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan hasil yang baik,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Presiden Jokowi melakukan konferensi pers pada pertemuan pemimpin KTT ASEAN 2023

Photo :
  • Setkab

Menurut dia, Indonesia ingin melihat ASEAN menjadi kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan kedepan. Kemudian, tanggap terhadap dinamika dan tetap memegang peran sentra di kawasan.

“Oleh karena itu, saya ajak para leader untuk berlayar bersama naik kapal pinisi agar suasananya rileks dan kekeluargaan,” ujarnya.

Karena, kata Jokowi, memang ASEAN ini adalah satu keluarga dalam ikatan yang sangat kuat dan kesatuannya penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama. “Menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth dan kawasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya