KPK Rampung Periksa Grace Tahir Soal Korupsi Rafael Alun, Begini Hasil Pemeriksaannya

Pengusaha yang juga seorang Youtuber Grace Tahir usai diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah rampung memeriksa pebisnis Grace Dewi Riady atau akrab disapa Grace Tahir dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo. Grace Tahir diperiksa masih sebagai saksi dalam kasus itu.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Terkait dengan pemeriksaan saudara GT ya itu memang di perkaranya pak RAT, jadi itu masih kita sedang menelusuri perkaranya TPPU, jadi ada apanya terkait dengan masalah aliran dana dan lain-lain seperti itu," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan KPK, Asep Guntur, kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kamis 11 Mei 2023.

Sejauh ini, kata Asep, KPK masih menelusuri barang atau aset lainnya yang merupakan hasil korupsi dari Rafel Alun. Ayah Mario Dandy itupun diduga telah melakukan TPPU dengan mencapai nilai puluhan miliar.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Nah ini yang sedang kita dalami apakah barang sesuatu yang ada di sana itu hasil tindak pidana korupsi atau bukan, seperti itu. Ini terus bertambah, karena memang kita sedang mendalami," ucap Asep.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Kemudian, Asep juga mendalami terkait ada atau tidaknya suap yang terjadi dalam perkara Rafael Alun Trisambodo. Ke depannya, KPK masih terus memanggil saksi-saksi demi mengusut tuntas kasus korupsi Rafael Alun.

Misalkan suap, apakah ada suapnya di situ, kita akan buktikan juga," kata Asep.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya memeriksa pebisnis Grace Dewi Riady atau yang dikenal Grace Tahir terkait kasus korupsi yang menjerat Rafael Alun Trisambodo. Anak dari Dato Sri Tahir itu diperiksa sebagai saksi.

"Hari ini, Kamis 11 Mei 2023 pemeriksaan saksi TPK gratifikasi terkait pemeriksaan perpajakan pada Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI, untuk tersangka Rafael Alun Trisambodo atas nama Grace Dewi Riady," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 Mei 2023.

Selain Grace Tahir, KPK juga memeriksa tiga orang lainnya yaitu Imam Pamudji, Albertus Katu dan Timothy William T. Keempatnya diperiksa langsung di Gedung Merah Putih KPK.

"Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada Kavling 4 Jakarta Selatan. Imam Pamudji (pensiunan), Albertus Katu (swasta) dan Timothy William T (swasta)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya