Jokowi Sebut ASEAN Sepakat Bangun Ekosistem Mobil Listrik

Presiden Jokowi melakukan konferensi pers pada pertemuan pemimpin KTT ASEAN 2023
Sumber :
  • Setpres

VIVA NasionalPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Alhasil, para leader sepakat untuk kerja sama penguatan sektor ekonomi.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

“ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia, sehingga hilirisasi industri menjadi kunci,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretaris Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Selain itu, kata dia, implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antarnegara, sepakat untuk diperkuat. 

“Ini sejalan dengan sentralitas ASEAN supaya ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Menurut dia, kegiatan KTT ASEAN di Pulau Komodo berjalan lancar.

“Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan hasil yang baik,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Menurut dia, Indonesia ingin melihat ASEAN menjadi kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan kedepan. Kemudian, tanggap terhadap dinamika dan tetap memegang peran sentra di kawasan.

“Oleh karena itu, saya ajak para leader untuk berlayar bersama naik kapal pinisi agar suasananya rileks dan kekeluargaan,” ujarnya.

Karena, kata Jokowi, memang ASEAN ini adalah satu keluarga dalam ikatan yang sangat kuat dan kesatuannya penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama.

“Menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth dan kawasan damai, stabil dan sejahtera,” jelas dia.

Bendera negara Anggota ASEAN dan Timor Leste.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

ASEAN adalah organisasi atau perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Terdapat 11 negara yang menjadi anggota ASEAN. Dari kesebelas negara di ASEAN ada yang berbetuk Republik.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024