TNI Pastikan Video Panglima Yudo Margono Deklarasi Anies Presiden Hoax

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA Nasional – Pusat Penerangan TNI menegaskan bahwa video bernarasi ribuan TNI yang dipimpin Panglima TNI Yudo Margono mendeklarasikan Anies Baswedan Presiden 2024 adalah tidak benar alias hoax.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

"Chanel Youtube Menara Istana berjudul 'dipimpin langsung Panglima Yudo Margono!! ribuan TNI resmi deklarasi Anies Presiden 2024 adalah hoaks," demikian seperti dikutip dari akun Instagram Puspen TNI, Rabu 17 Mei 2023.

Dalam postingannya, Puspen TNI mengatakan bahwa video hoax itu berdurasi delapan menit dua detik. Video mengedit Panglima Yudo dan prajurit TNI serta kegiatan olah raga Anies seolah dalam satu acara Partai Nasdem. Faktanya, kegiatan olahraga itu dilakukan Anies di Kopassus saat masih jadi Gubernur DKI Jakarta.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Dari judul menyebutkan dipimpin langsung Panglima Yudo Margo dengan seragam loreng baret biru, emblem logo TNI AL. Seharusnya seragam Panglima TNI menggunakan loreng baret hitam, emblem Mabes TNI segi lima. Dan juga video tersebut adalah kegiatan Laksamana TNI Yuho Margono di dermaga JICT Tanjung Priok saat masih menjabat Kasal," katanya.

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

Puspen TNI menegaskan tak ada Brigade 08 dalam tubuh TNI seperti di dalam video. Puspen TNI pun tengah mengusut video itu. Pemilik video diminta menyampaikan permintaan maaf dan menghapus video hoax tersebut.

"TNI minta kepada pihak MI selaku pemilik produk video HOAX untuk menjelaskan kepada publik dan menyampaikan permohonan maaf kepada TNI dan publik serta mencap videonya HOAX di YouTube dan selanjutnya menghapus video tersebut," kutip akun Puspen TNI lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya