Cuaca Panas Arab Saudi Jangan Dianggap Sepele, Jemaah Haji Waspada Dehidrasi

Cuaca panas di Kota Mekkah Arab Saudi
Sumber :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

VIVA Nasional – Cuaca panas di Arab Saudi harus menjadi perhatian bagi calon jemaah haji Indonesia yang sebentar lagi akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Pantauan jurnalis VIVA di Arab Saudi, cuaca Kota Mekkah, Arab Saudi, pada hari ini, Minggu, 21 Mei 2023, berada di kisaran 33-44 derajat celcius, dengan kelembaban udara yang sangat rendah sehingga rentan dehidrasi

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Indonesia: Bukan Gelombang Panas

Yang perlu diwaspadai terkait kondisi cuaca di Arab Saudi untuk para jemaah haji yang akan bersiap berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah.

Penting diingat, bahwa saat musim puncak haji pada 27 Juni 2023, cuaca diperkirakan bisa mencapai 48- 50 derajat Clcelsius. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Direktur Bina Haji dan Umrah dari Ditjen PHU Kementerian Agama, Arsyad Hidayat. 

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

"Tidak seperti di Indonesia, panasnya itu lembab dan bikin keringat mengucur. Kalau panas Arab Saudi seperti Birr Ali, anginnya jika melewati pipi seperti dihantam api, " kata Arsyad saat Bimbingan Teknik PPIH beberapa waktu lalu di Asrama Haji Pondok Gede. 

Mengantisipasi hal ini para jemaah perlu mencegah terjadinya dehidrasi dan mengantisipasi paparan cuaca panas yang berakibat heatstroke. 

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

jemaah menuju Masjidil Haram

Photo :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Liliek Marhaendra pernah memberikan tips mencegah menghadapi cuaca panas di Arab Saudi. 

Liliek berpesan jemaah harus mengantisipasi terjadinya kelelahan dan mencegah seringnya buang air kecil ketika jemaah harus sering sering minum air.

Berikut tipsnya : 

1. Bawa selalu botol air minum, disarankan botol diisi air zam-zam.

2. Saat minum jangan meneguk sekaligus dalam volume banyak melainkan seteguk seteguk tiap 10-30 menit.   

Dengan taktik ini dalam 60-120 menit bisa mengkonsumsi 250 ml -500 ml. Cara ini sekaligus bisa mencegah dehidrasi dan mencegah jemaah terlalu sering buang air kecil atau kencing. 

"Jika minum sekaligus, air akan mengendap di kandung kemih dan akan selalu merasa ingin buang air kecil" kata Liliek. 

Para jemaah haji juga diimbau menggunakan penutup kepala dan kaca mata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan, sehingga paparan sinar matahari tidak langsung ke tubuh.

Perlu diketahui sebelumnya, jelang pelaksanaan ibadah haji sebanyak 498 petugas haji Indonesia atau Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023 telah tiba di Jeddah, Arab Saudi.

Para petugas ini terdiri dari 100 petugas haji Daerah Kerja Bandara, 248 petugas haji Daerah Kerja Madinah serta 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah serta 129 tenaga kesehatan. 

Pemberangkatan petugas dua Daker ini lebih awal untuk melakukan pengecekan kondisi kesiapan sarana dan prasarana di Arab Saudi sebelum jemaah haji Indonesia tiba di Mekkah untuk menjalankan ibadah yang masuk dalam rukun Islam kelima. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya