Eks Menteri Kelautan Sarwono Kusumaatmadja Wafat, Setelah Idap Kanker Paru-paru

Sarwono Kusumaatmadja
Sumber :
  • perspektif.net

VIVA Nasional – Konsulat Jenderal RI (KJRI) Penang, Malaysia, mengkonfirmasi atas meninggalnya eks Menteri Kelautan RI, Sarwono Kusumaatmadja, pada Jumat, 26 Mei 2023. Melalui pers rilis yang diterima VIVA, Sarwono wafat di Rumah Sakut Adventist, Malaysia. 

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

"IInnalillahi waina llaihi Rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah dengan tenang (Sarwono Kusmaatmadja) di Rumah Sakit Adventist, Penang Malaysia, pada hari Jumat, 26 Mei 2023, pukul 17.12 waktu setempat (16.12 WIB)," tulis pernyataan KJRI Malaysia dalam keterangannya. 

KJRI Penang menambahkan bahwa Sarwono meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan selama beberapa hari di rumah sakit. Diketahui, mantan Menteri Kelautan itu menderota kanker paru-paru. 

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

VIVA Otomotif: Mobil satu-satunya mantan menteri Sarwono Kusumaatmadja

Photo :
  • YouTube @kangdedimulyadichannel

"Bapak Sarwono Kusumaatmadja. Beliau meninggal dunia dengan dikelilingi anggota keluarga terdekat setelah mendapat perawatan beberapa hari karena menderita penyakit kanker paru-paru," tambahnya. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

"Konsul Jenderal RI di Penang, Bambang Suharto, beserta segenap keluarga besar KJRI Penang, serta masyarakat Indonesia di Penang mengucapkan duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan." 

Jenazah Sarwono akan disemayamkan di Wisma Indonesia di Penang, Malaysia, pada malam ini sampai saat diberangkatkan ke Jakarta, Indonesia, pada Sabtu, 27 Mei 2023. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jl. Belitung, Kebayoran Baru, dan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta. 

Sebagai informasi, Sarwono pernah menjabat sejumlah jabatan penting di Pemerintahan, yaitu sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (1999-2001), Menteri Negara Lingkungan Hidup (1993-1998), Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993), dan Anggota DPR-RI (1971-1988).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya