Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas

Presiden Jokowi memimpin upaca peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juni 2023. Upacara digelar di sisi Selatan lapangan Monas, Jakarta.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Tema peringatan Pancasila tahun ini adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Demikian dikabarkan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, Rabu, 31 Mei 2023.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Tema Ini mengandung arti bahwa momentum peringatan hari raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," kata Yudian.

Yudian menambahkan, Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila sedianya diikuti juga oleh perwakilan dari 553 kabupaten, kota dan provinsi.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Adapun yang menjadi Komandan Upacara yakni Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal. Sementara Arkamelvi Kamani menjadi Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

"Upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," ujarnya.

Di lokasi, sejumlah tokoh sudah hadir seperti Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Ketua DPR Puan Maharani, hingga mantan Wakil Presiden RI Boediono.

Selain itu, deretan menteri Kabinet Indonesia Maju juga tampak hadir antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya