Cerita Warga Yogya soal Detik-detik Gempa: Goyangan Kencang, Gendong Anak dari Lantai 2

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

Yogyakarta - Gempa bumi berkekuatanmagnitudo 6,0 yang berpusat 117 kilometer di barat daya Pacitan, Jawa Timur pada Kamis dini hari terasa guncangannya hingga ke wilayah Yogyakarta.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Goyangan gempa yang terjadi tengah malam itu terasa cukup kencang sehingga membuat warga di Yogyakarta yang berada di dalam rumah maupun bangunan memilih untuk keluar.

Warga Wirobrajan, Kota Yogyakarta Pribadi Wicaksono menceritakan detik-detik guncangan gempa yang terasa di kediaman rumahnya yang berlantai dua. Dia kemudian memilih untuk turun dari lantai dua dan keluar rumah saat gempa terjadi.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Pantauan

Photo :
  • 1323338

Bahkan, dia membangunkan lalu menggendong anaknya yang tengah tertidur lelap.

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

"Saya tadi di lantai dua. Gempanya terasa kencang. Saya keluar rumah tadi. Saya tadi sampai gendong anak saya yang lagi tidur keluar rumah," ujar Wicaksono saat dihubungi, Kamis, 8 Juni 2023.

Gempa bumi ini juga dirasakan dampaknya hingga ke wilayah Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Salah satu warga Sedayu Tunggul Kumoro menyebut goncangan gempa terasa cukup kencang di daerahnya.

Saat gempa terjadi, Tunggul memilih untuk lari keluar rumah sembari membawa anak dan istrinya. Saat di luar rumah, Tunggul menceritakan warga lainnya di perumahannya ternyata juga keluar rumah.

"Tadi pas gempa langsung lari keluar rumah. Ini tetangga-tetangga juga pada langsung keluar rumah saat gempa terjadi. Gempa kerasa banget. Kencang," ujar Tunggul.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi dengan kekuatan magnitudo 6,0.

Gempa bumi dini hari tadi berpusat 117 km Barat Daya Pacitan, Jawa Timur. BMKG menyebut gempa bumi terjadi pada pukul 00.04:55 WIB itu tak berpotensi menyebabkan tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya