Gubsu Edy Rahmayadi Curhat Sakit Hati Dikritik Ombudsman: Lawan Politik Cari Itu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/BS Putra

Jakarta – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengaku sakit hati mendapatkan kritikan dari Ombudsman RI, terhadap pelayanan publik dinilai amburadul di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumut. Karena, akan menjadi 'senjata' bagi lawan politiknya. 

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Hal itu, disampaikan oleh Gubernur Edy pada penyerahan hibah aset Pemprov Sumut kepada Ombudsman RI, di Gedung Ombudsman RI di Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

“Sakit hati, Pak! Karena kami pejabat politik. Satu kali Bapak (Ombudsman RI) ucapkan (mengkritisi) atau menggambarkan kondisi penyelenggaraan pelayanan publik, maka para lawan politik akan seratus kali mengeksposnya. Karena dia (lawan politik) butuh itu,” kata Gubernur Edy.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Meski menerima hibah tanah dan gedung dari Pemprov Sumut. Namun, Gubernur Edy mengatakan independensi Ombudsman RI Perwakilan Sumut sebagai lembaga negara pengawas penyelenggara pelayanan publik, tidak boleh luntur.

“Dia (Ombudsman) harus benar-benar independen. Tidak boleh luntur,” tutur mantan Ketua Umum PSSI itu.

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Gubernur bahkan menegaskan, justru menjadi salah kalau lantas gara-gara hibah tanah dan gedung tersebut, tugas dan fungsi Ombudsman RI menjadi terganggu.

“Demi Tuhan, demi Allah, tidak ada niat dalam pemberian hibah ini untuk supaya Bapak (insan Ombudsman RI) tidak mempersoalkan (mengawasi) pemerintah daerah. Ombudsman RI harus terus mengkritisi pemerintah daerah, juga Pemkab/Pemko dengan segala kekurangannya,” jelas Gurbernur.

Gubernur

Photo :
  • 1486898

Namun begitu, Edy Rahmayadi menegaskan tidak apa-apa. Menurutnya, itulah risiko dan akan memacu untuk para pejabat politik untuk bekerja lebih baik. “Yang penting, Bapak (Ombudsman-red) saat mengkritisi, tidak ada intervensi atau pesanan. Kalau kritikan dilakukan karena faktor intervensi atau pesanan, itu sudah lain ceritanya,” tegas Edy Rahmayadi.

Terakhir, mantan Pangkostrad itu mengajak untuk terus bergandengtangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kebutuhan masyarakat. 

“Yang Bapak (Ombudsman-red) lihat atau awasi ini kan menyangkut kebutuhan masyarakat. Mulai dari infrastruktur dan semua kebutuhan sehari dalam kehidupan masyarakat,” kata Gurbernur Edy.

Aset Pemprov Sumut yang dihibahkan untuk dijadikan sebagai Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut itu berupa tanah dan bangunan yang berlokasi di Jalan Asrama, Kecamatan Medan Helvetia, Medan. Aset tersebut selama ini merupakan Rumah Sakit Paru dengan luas tanah 2.016 M2.  

Komitmen untuk menghibahkan aset Pemprov Sumut tersebut, awalnya disampaikan Edy saat berkunjung ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut pada 26 Januari 2023. 

“Ketika itu, saya dibawa lewat ruang dapur untuk menuju ruang rapat. Awalnya saya tak ngerti dibawa lewat ruang dapur,” kata Edy Rahmayadi.

Setelah melewati ruang dapur, Edy Rahmayadi mengaku baru mengetahui bahwa Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut sudah kurang refresentatif. “Memang sudah tidak pantas gitu,” tegas Edy.

Karena itu lah, pada pertemuan ketika itu, di hadapan para Bupati dan Walikota se-Sumut, Edy Rahmayadi menyampaikan untuk menghibahkan aset Pemprov Sumut tersebut untuk digunakan sebagai Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Nadjih pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. 

“Kami akan memanfaatkan gedung ini untuk semakin meningkatkan peran Ombudsman RI di Kantor Perwakilan SUmut untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut," ucapnya.

Selain Gubernur, hadir dalam acara tersebut Inspektur Pemprov Sumut Lasro Marbun, Kepala BPKAD Ismail Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Hasibuan.

Sementara Mokhammad Nadjih hadir Bersama Wakil Ketua Boby Hamzar Rafinus, Dadan S Suharmawijaya, Sekjen Ombudsman RI Suganda Pandapotan Pasaribu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Dedy Irsan dan para pejabat lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya