VIDEO: Bandara Jeddah Mulai Sibuk Sambut Jemaah Haji, Madinah Tutup Kedatangan

Jemaah lansia tiba di Jeddah
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Hari ini, Kamis 8 Juni 2023, dua bandara internasional di Arab Saudi, King Abdul Aziz Jeddah dan Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, berbarengan menerima kedatangan jemaah haji Indonesia. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Di Bandara Interational Ameer Bin Abdul Aziz, Madinah  hari ini menerima fase kedatangan gelombang 1 terakhir. Sementara Bandara King Abdul Aziz Jeddah, menerima fase kedatangan gelombang kedua jemaah haji

Jemaah

Photo :
  • 1486987
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Hari ini tiba di Jeddah, satu hari ini 17 kloter, di Madinah juga penurunan gelombang terakhir," ujar Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat di Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis, 8 Juni 2023.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Seperti diketahui, untuk di Madinah terjadi keterlambatan 395 jamaah haji asal Bandung dan Sukabumi, di Terminal Hajj Bandara Ameer Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dini hari. Hal ini menandai penutupan operasional haji gelombang I di Tanah Suci.

Jamaah yang datang di Madinah tergabung dalam Kloter 37 JKS, embarkasi Jakarta Bekasi. Ke-395 jamaah plus lima petugas haji daerah Jawa Barat ini, masuk terminal kedatangan AMAA sekitar pukul 03.30 WAS.

Jemaah

Photo :
  • 1486989

Sejatinya, jadwal kedatangan mereka pukul 02.50 WAS. 
Kedatangan pesawat dengan nomor penerbangan SV-5589 terlambat ini sudah dikonfirmasi pihak Saudia Airlines, sebelumnya.
Manager Operasi Saudia Daler Madinah Syarif Junardi, sejak Rabu 8 Juni 2023 sudah melayangkan surat permintaan maaf. Surat resmi dikirimkan pihak Saudia, kepada Kepala Daker Bandara Haryanto.
Otoritas haji Indonesia di Tanah Air, melalui Direktur Haji Dalam Negeri Syaiful Mujab, sejak awal pekan ini, sudah mengingatkan pihak maskapai lebih tertib jadwal.

"Kalau terlambat lagi ini merusak jadwal turunan pelayanan lain di Madinah," katanya.

Di waktu yang sama, di Bandara King Abdul Azis Jeddah, sekitar 250 km dari Madinah, misi operasi haji Gelombang II juga baru dimulai.

Jemaah

Photo :
  • 1486988

Di Jeddah, jamaah kloter pembuka gelombang pertama dari Embarkasi Solo, Jawa Tengah dan juga dari Embarkasi Jakarta, Tangerang dan Banten.

Untuk penutupan kedatangan gelombang 1 di Madinah, sudah ada 263 kloter atau dengan jumlah total jemaah haji 100.001 mendarat di AMAA Madinah sejak awal kedatangan 24 Mei 2023 hingga 8 Juni 2023.

Jemaah

Photo :
  • 1486984

Sedangkan untuk fase kedatangan gelombang kedua di Jeddah sudah ada 3 kloter atau 1.096 jemaah tiba di Bandara King Abul Aziz, pada 8 Juni 2023 hingga pukul 13.14 WAS. 

Tampak jemaah lansia mendominasi kedatangan jemaah haji baik dari fase kedatangan gelombang 1 Madinah maupun di fase kedatangan gelombang dua di Jeddah.

Jemaah

Photo :
  • 1486982
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya