Satpol PP Ultimatum Rental PS di Malang, Sediakan Ruang Privat Ada Kamar Mandinya

Rental PS di Malang.
Sumber :
  • Uki Rama/VIVA.

Malang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang memberi peringatan keras kepada pengelola rental Playstation di Jalan Raya Tondano, Kota Malang. Sebab, rental PS itu dicurigai rawan terjadi tindak asusila karena memiliki ruangan khusus yang diberi nama VIP atau semacam ruang privat. 

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Kepala Bidang Trantibum, Rahmat Hidayat mengatakan, hasil temuan petugas di lapangan ruangan itu terdapat Air Conditioner (AC), kamar mandi dalam dan pintu yang disediakan dengan kunci. Mereka mendatangi rental Playstation ini pada Senin, 12 Juni 2023 atas laporan masyarakat. 

"Karena namanya rental Playstation itu publik, bukan privat. Sedangkan kamar hotel atau indekos itu baru namanya privat. Di situ juga ada AC-nya, jadi kami berupaya mencegah potensi perbuatan tak senonoh seperti pencabulan atau asusila," kata Rahmat. 

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Rahmat mengatakan usaha Rental Playstation adalah usaha publik. Berbeda dengan usaha penginapan atau perhotelan yang masuk ranah privat sehingga ada fasilitas seperti kamar tidur dan kamar mandi dalam. Kemudian ruanganya tertutup. Sedangkan PS seyogyanya terbuka. 

Rahmat mengatakan, laporan hasil inspeksi mendadak atau sidak. Ruangan privat ini berisi sofa, playstation, warna-warni cahaya lampu serta kamar mandi dalam. Hasil penelusuran ternyata ruangan VIP ini adalah bekas tempat indekos.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Stik PlayStation Dari Mas Ke Masa

Photo :
  • U-Report

Atas temuan ini, Satpol-PP Kota Malang memberikan teguran lisan kepada pemilik. Ada sejumlah rekomendasi yang diberikan agar ruangan privat ini diperbaiki. Di antaranya, mengganti jendela dengan kaca bening agar tidak terjadi kegiatan yang mengarah ke perbuatan asusila. 

“Tindakan teguran lisan yaitu jendela diganti kaca bening dan kunci tidak menempel di pintu. Itu kuncinya nempel di ruangan. Intinya kami itu mencegah, nanti disalahgunakan untuk perbuatan asusila,” ujar Rahmat. 

Sementara itu, pengelola Rental Playstation Reza mengatakan, bahwa dia akan mengganti kaca yang gelap dengan transparan. Dia juga memastikan bahwa tempat usaha ini hanya untuk bermain Playstation. Usaha ini dia jalankan sejak Agustus 2022 lalu. 

"Usaha saya belum ada setahun. Saya tidak ingin terjadi apa-apa akibat pemberitaan ini. Katanya Satpol PP akan datang lagi untuk melihat apa saja yang telah kami lakukan," tutur Reza. 

Reza mengatakan, bahwa ide ini sebenarnya juga muncul setelah melihat rental Playstation kompetitor. Dia kemudian melebarkan bisnisnya dengan menyewa bekas kamar indekos untuk dijadikan ruang privat atau VIP. Lokasinya berada di belakang ruko yang lebih dulu dia sewa untuk rental Playstation.

"Jadi, awalnya tempat persewaan reguler. Saya ada ide melihat tempat penyewaan yang lain. Di sana ada ruangan khusus, dari situlah saya mulai. Kebetulan di belakang ada kamar kost. Ini murni tempat bermain Playstation," kata Reza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya