Jokowi Bakal Terbitkan Perpres Pengelolaan Pariwisata Candi Borobudur

Kawasan Candi Borobudur.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempersiapan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pengelolaan kawasan pariwisata Candi Borobudur yang terintegrasi menjadi satu. Untuk itu digelar rapat terbatas terkait pengelolaan pariwisata Borobudur di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 13 Juni 2023.

Microsoft Tak Bakal Nyesel Investasi di Indonesia, Luhut: Saya Janji

“Presiden juga beri arahan untuk siapkan segera perpres yang akan menentukan single destination management organization, atau entitas tunggal untuk pengelolaan kawasan pariwisata Borobudur,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Menurut dia, entitas tunggal itu akan beranggotakan lintas kementerian. Tentu, hal ini harus dilakukan dengan penuh kesungguh-sungguhan untuk membangun pariwisata Candi Borobudur yang beraspek budaya, konservasi dan memberi dampak positif yang berkualitas serta berkelanjutan.

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

“Kita harapkan sebagai kawasan destinasi super prioritas akan selesai 2024, rampung sebelum bulan September,” jelas dia.

Harapannya, kata Sandi, pengelolaan Borobudur terintegrasi untuk mendorong target kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman sekitar 8,5 juta tahun 2023 dan 14 juta wisman tahun 2024. “Khusus untuk Borobudur dengan potensi 42 juta. Ini bisa menjadi destinasi wisata spiritual yang bisa menampung lebih dari kunjungan 20 juta wisman,” ujarnya.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

Apalagi, lanjut dia, infrastruktur yang ada di sekitar Borobudur seperti Bandar Udara Yogyakarta International Airport, jalur kereta api, tol hingga desa wisata. Sehingga, kata Sandi, diharap dapat menciptakan lapangan kerja juga. “Dalam upaya menciptakan target lapangan kerja 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” sebutnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy melaporkan perkembangan pembangunan gudang di Distrik Sinak dan Agandugume, Papua kep

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024