Menteri Muhadjir Sebut Jokowi Respons Positif Soal Usulan Libur Idul Adha 2 Hari

Menko PMK Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.

Jakarta -- Usulan libur Hari Raya Idul Adha 1444 H menjadi dua hari disambut baik Presiden Joko Widodo.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMKMuhadjir Effendy. Menurut dia, usulan tersebut telah disampaikan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Respons Jokowi disebut positif. "Positiflah, positif," kata Muhadjir kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut meminta semua pihak sekarang untuk menunggu keputusan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut. Menurut Muhadjir, usulan dari Pengurus Pusat Muhammadiyah itu telah diteruskan ke mantan Wali Kota Solo tersebut. "Ini kita sedang menunggu arahan beliau," kata Muhadjir.

125 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta pada Libur Long Weekend, KAI Tambah Armada Kereta Api

Menko Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ni Putu Putri Muliantari.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mengusulkan kepada pemerintah agar libur Idul Adha 1444 H/2023 ditambah satu hari pada 28 Juni 2023, menyikapi potensi adanya perbedaan hari raya.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

Usulan ini dia sampaikan dalam acara Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kota Surakarta Periode 2022-2027 pada Rabu, 7 Juni 2023 di Wisma Batari Surakarta. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa. 

Diketahui, berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, disebutkan bahwa Tanggal 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023 M, sehingga Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023 M.

Keputusan ini berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang selama ini dipedomani Muhammadiyah.

Menurut Mu’ti, hasil perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini sangat potensial berbeda dengan Kementerian Agama karena tinggi hilal pada tanggal 29 Zulqodah 1444 H kurang dari 3 derajat. 

Atas dasar ini, besar kemungkinan sidang Isbat Kemenag akan menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 M. Sebagaimana Idul Fitri lalu, Idul Adha 1444 H juga kemungkinan akan berbeda antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

Karena diprediksi bakal terjadi perbedaan, Mu’ti mengusulkan agar pada Rabu, 28 Juni 2023, juga ditetapkan menjadi hari libur nasional. Hal ini agar warga Muhammadiyah dapat melaksanakan salat Id dengan tenang dan khusyuk. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya