Forum Indramayu Menggugat Mau Geruduk Pesantren Al Zaytun, Ini yang Diminta

Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat
Sumber :
  • Opi Riharjo (Indramayu)

Indramayu Forum Indramayu Menggugat mau menggeruduk Ponpes Mah'ad Al Zaytun, besok. Sedikitnya ada lima tuntutan yang disampaikan organisasi masyarakat itu dalam demo tersebut.

Peringatan May Day, Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Kapolres Indramayu, Ajun Komisaris Besar Polisi Fahri Siregar menegaskan pihaknya sudah menyiapkan pengamanan guna mengawal jalannya penyampaian pendapat oleh mereka agar berjalan dengan tertib hingga tak mengganggu warga lain yang tidak ikut aksi.

"Yang akan melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapat dimuka umum namanya Forum Indramayu Menggugat," kata dia kepada VIVA.

Ada Aksi May Day di Jakarta, Hindari Lokasi Ini Kalau Tidak Mau Kena Macet

Pintu Masuk Ponpes Al-Zaytun

Photo :

Meski begitu, belum dirinci berapa jumlah personel kepolisian yang bakal dikerahkan guna mengawal jalannya aksi ini. Eks Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini meminta agar aksi bisa dilakukan sesuai undang-undang yang ada.

Demo Anarkis di Kantor Pusat BTN, Manajemen: Ganggu Operasional dan Layanan

"Kami sudah siapkan rencana pengamanannya dan kami sudah himbau agar pelaksanaan menyampaikan pendapat dimuka umum dilaksanakan dengan tertib dan mematuhi aturan hukum yang berlaku," ujar dia.

Kapolres Indramayu AKBP Fahri Siregar

Photo :

Adapun lima tuntutan mereka yaitu:

1. Usut tuntas dugaan ajaran sesat Al-Zaytun libatkan MUI dan KEMENAG;

2.  Usut tuntas dugaan tindak pidana pemerkosaan atas laporan Sdri. KARTINI perempuan asal Indramayu yang diduga korban pemerkosaan Panji Gumilang;

3. Tegakan UPPA tentang kepemilikan tanah dan tindak pidana penguasaan tanah diduga Al-Zaytun merampas tanah rakyat dan menguasai ribuan hektar tidak jelas ijin peruntukannya (Lidik pencucian uang);

4. Hentikan pembuatan Dersus (Dermaga Khusus Al-Zaytun) di Desa Eretan Kec. Kandanghaur dan jalan khusus / jalan pribadi yang sedang dibuat di Desa Lonyod Wanguk, disambungkan lurus dengan Al-Zaytun sangat berbahaya jika dimanfaatkan praktek penyelundupan senjata, narkoba dan perdagangan manusia;

5. Al-Zaytun tidak ada manfaatnya sama sekali untuk masyarakat sekitar tidak ada tenaga kerja, santri asal Indramayu dan tertutup tidak bisa diakses secara umum.

Sebelumnya diberitakan, ribuan demonstran yang mengatasnamakan Forum Indramayu Menggugat, akan melakukan aksi dengan mengepung Ponpes Mah'ad Al Zaytun. Aksi dijadwalkan digelar pada Kamis besok 15 Juni 2023.

Dalam edaran seruan aksi melalui pesan singkat, sebanyak 3.000 orang akan mendatangi pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu tersebut. Ada lima tuntutan yang mereka layangkan.

Menyikapi aksi ribuan orang itu, pihak Ponpes Mah'ad Al Zaytun dikabarkan telah menyampaikan surat pemberitahuan ke Polres Indramayu. Surat pemberitahuan itu berisi Al Zaytun akan menyambut para demonstran dengan mengerahkan 10.000 orang peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya