Satgas TPPO Amankan Perekrut Tenaga Kerja Asal Kaltim yang Beroperasi di NTT

Polisi amankan perekrut tenaga kerja dan 7 calon tenaga kerja korban TPPO
Sumber :
  • VIVA/Jo Kenaru (NTT)

Nusa Tenggara Timur – Satgas TPPO Polres Manggarai Nusa Tenggara Timur mengamankan seorang perekrut tenaga kerja ilegal pada Rabu 14 Juni 2023 petang karena mengirim tenaga kerja tanpa dilengkapi dokumen atau non prosedural sebagaimana yang menjadi persyaratan dalam merekrut tenaga kerja.

Pastor Keuskupan Ruteng Menghilang Usai Ketahuan Berduaan dengan Istri Orang

Adapun perekrut yang diamankan di Hotel Sky Flores Ruteng yakni Sufyannur (43) mengaku sebagai Area Manager PT Solusi Daya Indonesia di Kalimantan Timur. Selain perekrut, polisi memeriksa juga sebanyak 7 orang calon tenaga kerja di Mapolres Manggarai.

Garis polisi (ilustrasi)

Photo :
  • U-Report
Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh menjelaskan, para calon tenaga kerja yang direkrut Sufyannur akan dipekerjakan di Balikpapan, Kalimantan Utara sebagai pekerja pembersih lahan untuk penanaman pohon akasia milik PT Djarum dengan upah sebesar Rp550.000-Rp700.000.

"Hasil interogasi terhadap perekrut dan ketujuh calon tenaga kerja diperoleh bahan keterangan bahwa proses perekrutan terhadap calon tenaga kerja untuk menjadi tenaga kerja antar daerah terjadi di kampung Lete Desa Golo Rengket, Kecamatan Lamba Leda Selatan Kabupaten Manggarai Timur," kata AKBP Edwin Saleh, Jumat malam.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa perekrutan calon tenaga kerja pertama kali dibahas di rumah seorang warga kampung Lete Desa Golo Rengket Kecamatan Lamba Leda Selatan Manggarai Timur. Adapun Fabianus nama perekrut di Lete yang mendapat order dari perekrut, kemudian menghubungi temannya bernama Vitalis yang berdomisili di kampung Welu, Desa Welu, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

"Kemudian saudara Vitalis menginformasikan kepada para warga bahwa bagi yang ingin bekerja di Kalimantan silakan mendatangi kampung Lete sebab di sana ada pencari tenaga kerja yang sedang merekrut calon tenaga kerja," AKBP Edwin.

"Atas dasar informasi itu sehingga pada tanggal 12 Juni 2023 para calon tenaga kerja mendatangi Kampung Lete, Desa Golo Rengket Kecamatan Lamba Leda Selatan Manggarai Timur untuk menemui perekrut. Pada tanggal 12 dan 13 Juni 2023 para perekrut yang diutus dari perusahaan PT Solusi Daya Indonesia (SDI) melakukan perekrutan terhadap kerujuh orang calon tenaga kerja yang berasal dari Kampung Welu, Desa Welu, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai," bebernya.

Dilimpahkan ke Polres Manggarai Timur

Setelah melakukan interogasi dengan metode wawancara kepada tujuh calon tenaga kerja langsung dilakukan gelar perkara. Dari situ polisi langsung mendapatkan kesimpulan locus perekrutan tidak terjadi di Manggarai tapi di wilayah hukum Polres Manggarai Timur. 

"Maka dengan demikian Satgas TPPO Polres Manggarai berkoordinasi dengan Satgas TPPO Polres Manggarai Timur untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Kasus TPPO tersebut saat ini ditangani oleh Polres Manggarai Timur pada malam ini. Penyelidikan lebih lanjut oleh Polres Matim," tutup Edwin Saleh.

Laporan: Jo Kenaru / Manggarai-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya