Detik-detik Menegangkan Pesawat SAM AIR Pecah Ban dan Tergelincir di Bandara Pattimura

SAM Air tergelincir di Papua
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

Maluku - Pesawat SAM Air dilaporkan telah tergelincir di Bandara Internasional Pattimura, Kota Ambon, Maluku. Pesawat yang melayani rute penerbangan lokal itu saat ini telah dievakuasi.

Viral Video Pengalaman Tinggal Dekat Lanud, Netizen: Serasa Lagi Perang

Informasi yang diperoleh, pesawat SAM Air bernomor registrasi PK-SMS itu tergelinicir lantaran mengalami pecah ban di landasan pacu bandara pada pukul 12.30 WIT. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, Mustari mengatakan bahwa pesawat  SAM Air awalanya melakukan ground maneuver dan tiba-tiba ban kiri pecah.

"Pesawat itu tergelincir di landasan pacu bandara sekitar pukul 12.30 WIT saat melakukan ground maneuver dan ban kiri pecah sehingga bergerak keluar menuju arah kiri runway (landasan pacu)," kata Mustari, dalam keterangannya, Minggu 18 Juni 2023.

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

Pesawat Sam Air

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Musatri menjelaskan, kecelakaan pesawat itu informasinya diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon sekitar pukul 13.02 WIT. Kemudian, tim yang menerima informasi itu, langsung dikerahkan ke lokasi dan pesawat berhasil dievakuasi pada pukul 14.30 WIT.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

"Tim penyelamat dari Basarnas Ambon bersama petugas keamanan bandara dan personel dari Pangkalan Udara Pattimura berhasil melakukan pengamanan dan mengevakuasi pesawat pada pukul 14.30 WIT," ungkapnya

Beruntung, kata Musatri, tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan pesawat itu. Kemudian, landasan pacu Bandara Pattimura bisa digunakan kembali setelah petugas mengevakuasi pesawat yang tergelincir.

Akibat kejadian itu, dua penerbangan menuju ke Bandara Pattimura Ambon dialihkan pendaratannya ke Bandara Sorong di Papua Barat Daya dan satu penerbangan dari Kota Ambon ke Kota Makassar di Sulawesi Selatan tertunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya