Borong Penghargaan, Menteri Basuki Hadimuljono Minta Jajarannya Ikuti Pelatihan Ini

Menteri PUPR
Sumber :
  • PUPR

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghimbau kepada jajarannya untuk mengikuti pelatihan coaching dari ESQ agar bisa meningkatkan performance kementerian ke depan. 

Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Hal itu ia sampaikan usai menerima langsung dua piala dan piagam penghargaan BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dari Founder ESQ/ACT Consulting International, Ary Ginanjar Agustian. 

Diketahui, Kementerian PUPR menjadi Top 10 Kementerian/Lembaga Indeks Implementasi Akuntabel dan Top 10 Kementerian/Lembaga Indeks Implementasi Loyal dari 27 Kementerian secara nasional. 

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dok. PUPR

Pak Bas, biasa dia disapa, menjelaskan bahwa dengan hasil survei dari Ary Ginanjar, Kementerian PUPR mendapat basic ilmiah mengenai apa yang harus dikerjakan. Terutama dalam hal akuntabilitas, pelayanan masyarakat, dan loyalitas. 

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

"Saya kira hasil survei tadi hasilnya cukup merepresentasikan kondisi di Kementerian PUPR, dari komponen BerAKHLAK tadi adaptifnya, kolaboratif, akuntabilitasnya dan lain-lain," ungkap Basuki, dikutip 18 Juni 2023. 

"Ada yang perlu kami lakukan setelah ini. Tapi yang jelas hasil survei tadi cukup menggambarkan apa yang terjadi di PUPR. Dengan istilah dari Prof Ary Ginanjar tadi menyebutkan DNA PUPR tercermin di dalam hasil survei tadi," lanjutnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ary Ginanjar juga memberikan beberapa rekomendasi yang akan ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR. Basuki menjelaskan, tindak lanjut tersebut difokuskan terhadap hal-hal yang masih kurang diinternalisasikan di PUPR, sehingga dapat meningkatkan performancenya ke depan. 

"Khususnya tadi pesan Pak Ary tentang coaching kepada para milenial. Kami sudah mengirimkan 14 senior PUPR (dari BPSDM) untuk mengikuti pelatihan coaching. 14 orang tersebut sudah berhasil menghandle 250 milenial PUPR," jelas Basuki. 

Rencana kedepan, ia pun akan mengirimkan para senior untuk memperdalam ilmu coaching, sehingga harapannya, 5000 ASN PUPR akan digali potensinya dengan metode coaching

"Oleh sebab itu, kami ucapkan terimakasih kepada Pak Ary Ginanjar atas penghargaan dan pesannya kepada kami," tutup Basuki. 

Diketahui, ada 2 fokus rekomendasi yang akan ditindaklanjuti dekat-dekat ini oleh ACT Consulting International kepada PUPR, yakni Pengembangan kepemimpinan dengan coaching dan Internalisasi Budaya Kerja BerAKHLAK. 

Ary menjelaskan bahwa tujuan metode coaching adalah untuk menggali potensi yang ada pada diri, perencanaan strategi, bahkan mempunyai perencanaan untuk menyelesaikan permasalahan tanpa diberikan saran atau masukan dari orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya