Libur Idul Adha Tambah 2 Hari, Muhammadiyah Sampaikan Terima Kasih ke Jokowi

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti
Sumber :
  • Ridho Permana

Jakarta – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengapresiasi Pemerintah Indonesia, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) karena telah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur Idul Adha, pada 28 Juni 2023. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Menurut Mu’ti, penambahan libur Idul Adha menunjukkan komitmen yang kuat Pemerintah Indonesia terhadap prinsip-prinsip yang terkandung dalam Konstitusi, terutama dalam menjamin kemerdekaan beragama dan kebebasan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. 

Keputusan ini memberikan jaminan kepada umat Islam, bahwa mereka dapat melaksanakan ibadah Salat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Penambahan tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap Konstitusi terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya,” kata Mu’ti dalam akun twitternya @abe_mukti, pada Selasa, 20 Juni 2023. 

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti Source : Republika

Photo :
  • republika
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Mu’ti kemudian mengimbau seluruh warga Muhammadiyah untuk menjaga kerukunan, saling menghormati, dan menjaga ketertiban umum. 

Ia juga mengajak agar warga Muhammadiyah menjalankan ibadah dengan tertib, mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku, termasuk dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. 

“Kepada warga Muhammadiyah dan umat Islam yang merayakan Idul Adha pada 28 Juni hendaknya senantiasa menjaga kerukunan, saling menghormati, dan menjaga ketertiban umum,” ujarnya. 

Perayaan Idul Adha sendiri merupakan momen yang sangat berarti bagi umat Islam, termasuk warga Muhammadiyah dalam menghormati pengorbanan Nabi Ibrahim. 

Dalam menjalani perayaan ini, Mu’ti mengajak seluruh warga untuk mempertahankan nilai-nilai keagamaan dan semangat persaudaraan. 

Semoga momen ini juga dapat menjadi ajang untuk memperkuat ikatan sosial, saling memahami, dan membangun solidaritas antarumat beragama dalam semangat persaudaraan yang universal. 

Oleh sebab itu, Mu’ti mengusulkan agar warga Muhammadiyah melaksanakan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023. 

“Alangkah baiknya penyembelihan hewan qurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati,” tutupnya. 

Sebagai informasi, Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Kamis, 29 Juni 2023. Sementara cuti bersama terkait Hari Raya Idul Adha ini jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023 dan Jumat, 30 Juni 2023.  

Hal itu ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia.  

Dalam keputusan tersebut, pemerintah mengubah cuti bersama tahun 2023 sehingga Lampiran Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya