Gus Men Apresiasi Kerajaan Saudi, Banyak Inovasi dalam Pelaksanaan Haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH –  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah membuat inovasi baru untuk memudahkan pelaksanaan ibadah haji.  Hal ini disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti pembukaan Muktamar Perhajian yang diselenggarakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah, Selasa, 20 Juni 2023. Muktamar ini mengangkat tema “Fiqh at-Taysir fil-Hajj”

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pertemuan menghasilkan hal-hal yang menyenangkan, karena Pemerintah Kerajaan Saudi sudah membuat inovasi yang memudahkan jemaah.

"Termasuk yang paling krusial itu kan sebenarnya di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) dan ketika di Madinah, jemaah kita masuk Raudhah," kata Menag Yaqut, di Hotel Ritz Carlton, Jeddah, Arab Saudi, Selasa, 20 Juni 2023. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Terpenting lagi para jemaah lansia dari Indonesia, yang maktabnya di Mina relatif sangat jauh, mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu jemaah sampai titik terdekat dengan jamarat. Ini sangat membantu, dan kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah. Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi. Ada 15 mobil golf yang disiapkan," sebutnya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Selain itu Kerajaan Saudi juga mulai melakukan inovasi, terutama inovasi teknologi berbasis IT, sehingga jemaah akan lebih mudah dalam mengakses dan diberikan akses.

Menyoal aturan baru ini,  Menteri agama, mengaku sebenarnya bukan peraturan, tapi mereka sudah mulai menggunakan teknologi IT untuk segala peraturan yang mereka berikan. 

"Misalnya, ada penyempurnaan seperti di Madinah, di Nabawi, ketika mau ke Raudhah itu pengaturannya sudah mulai rapi menggunakan IT."

Menag Yaqut Cholil Quomas saat pertemuan dengan Pemerintah Arab Saudi di Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Seperti diketahui, Symposiun Haji atau Muktamar Perhajian ini selalu diadakan setiap tahunnya menjelang puncak haji, guna membicarakan tentang teknis haji, dan Saudi telah menyiapkan soal peraturannya, keamanan serta kebersihan. 

Dalam acara ini turut hadir seluruh menteri dari negara yang memberangkatkan warganya untuk ibadah haji. Hadir dalam pertemuan tersebut dari pihak Saudi, Kepala Pelaksana Pelayanan Haji, Muhammad Abulkher Ismail, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Taufik Fauzan Alrobiah,  Kepala Masjid Haram dan Masjid Nabawi,  Syekh Dr Adburrahman bin Abdul Azis Asudais, Keamanan Mekkah, Ustaz Sholeh bin Ali Alturki, dan Mohammad bin Abdullah, Kepala Pemadam Kebakaran, Hamud bin Sulaiman Alfaraj.

Usai mengikuti pembukaan muktamar perhajian, Menag dijadwalkan meninjau kesiapan layanan di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina). Selain mobil golf, tenda jemaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap Maktab, disipakan toilet dengan 10 pintu. Ini akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

“Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jemaah,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya