Gelar Acara Laznas Bakrie Amanah, MUI Jelaskan Cara Berkurban yang Baik

Acara Laznas Bakrie Amanah
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Anggota Komisi Watwa MUI Pusat dan Pengawas Syari'ah Bakrie Amanah Abdul Halim Sholeh mengatakan, hewan kurban yang baik dan dagingnya bergizi ketika dimakan itu, yakni hewan yang tidak stres ketika hendak disembelih atau dikurbankan.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Hal tersebut dikatakannya ketika dirinya hadir menjadi salah satu pembicara di acara Laznas Bakrie Amanah di Universitas Bakrie, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis 22 Juni 2023. Acara itu bertemakan Qurban Lengkapi Kebutuhan Gizi.

"Nabi berkurban dengan domba berwarna putih dan kehitam-hitaman, bertanduk, baca basmalah, baca tahlil. Abis itu meletakan kakinya di atas antara leher dan kepala (Domba)," ujar Abdul di Universitas Bakrie pada Kamis 22 Juni 2023.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Seminar Qurban Untuk Kebutuhan Gizi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya setiap hari rabu tuh mengaji, hadits ini yang saya baca 'pak dokter kenapa Nabi kok nginjek antara leher dan harus diletakkan kambingnya. 'Oiya pak kiyai ini untuk kambingnya supaya nyaman dan tidak stres," lanjutnya.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Menurutnya, jika domba atau kambing itu dalam kondisi stres ketika hendak disembelih, maka tekanan darah hewan kurban itu naik atau tinggi yang menyebabkan tidak bergizi ketika dimakan oleh manusia.

Lanjut dia, jika domba tersebut dalam kondisi stres. Maka juga akan mempengaruhi kualitas daging domba tersebut.

"Kalau dombanya naik atau tinggi (tekanan darahnya) maka dagingnya akan keras dan bau," beber dia.

"Setiap apa yang dilakukan oleh nabi ternyata dari segi scientific itu masuk akal," lanjutnya.

Namun, Abdul menyebutkan bahwa untuk hewan unta pun berbeda cara menyembelinya.

Sementara itu, Dosen di Universitas Bakrie Kurnia Ramadhan menyampaikan bahwa berkurban itu sudah tertulis di dalam ayat suci Al Qur'an. Mulai dari hewan hingga cara-cara menyembelihnya ketika berkurban.

Kurnia menjelaskan bahwa daging pun merupakan salah satu barang yamg menjadi sumber makanan, bahkan bisa di konsumsi.

"Hasil ternak itu berkontribusi dengan global warming atau pemanasaan global. Karena kotoran hewan ternak itu dinilai negatif di lingkungan," kata Kurnia di acara Laznas Bakrie Amanah.

Acara seminar pemberitahuan tata cara hingga pemberian materi jelang hari raya Idul Adha kerap dilakukan oleh Bakrie Grup. Pasalnya, ini sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak khususnya umat beragama islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya