Pecat Ferdy Sambo, Komjen Ahmad Dofiri Disebut Masuk Bursa Calon Wakapolri

Komjen Ahmad Dofiri
Sumber :
  • ANTARA

JakartaNama Irwasum Polri, Komisaris Jenderal Ahmad Dofiri disebut-sebut masuk dalam bursa calon Wakapolri untuk menggantikan Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono. Sebab, Gatot diketahui akan memasuki masa pensiun pada 28 Juni 2023, mengingat usianya genap 58 tahun.

Kento Momota Tak Mau Jauh-jauh dari Bulutangkis Usai Pensiun

Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan membeberkan empat orang kandidat jenderal bintang tiga polisi yang layak menggantikan posisi Gatot sebagai Wakapolri. 

Di antaranya, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Purwadi Arianto, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri; dan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Jokowi Teken UU Desa yang Baru, Kini Kepala Desa Dapat Uang Pensiun

"Ada Pak Purwadi, kemudian Pak Fadil, Pak Dhofiri, juga nama-nama yang kita dengar Pak Kabareskrim (Agus). Itu Kami dengar, dan idealnya menurut saya, orang-orang itu," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan pada Rabu, 21 Juni 2023.

Komjen Ahmad Dofiri.

Photo :
  • Antara
Kabar Terkini Anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica, Sibuk Koas dan Rawat Adik Bungsunya

Diketahui, Dofiri lahir pada 4 Juni 1964 merupakan seorang perwira tinggi yang menjabat sebagai Irwasum Polri. Dofiri merupakan lulusan terbaik Akpol Angkatan 1989, satu angkatan dengan Kepala Bareskrim, Komjen Agus Andrianto yang namanya juga disebut masuk bursa calon Wakapolri. 

Selain itu, ia berpengalaman di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Sebelum menjabat Irwasum Polri, Dofiri mengemban tugas sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat. 

Kemudian, Dofiri pernah mendapatkan penghargaan penerima bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik. Lalu, pria yang lahir di Indramayu ini lanjut pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Setelah lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Dofiri pertama kali memegang jabatan di kepolisian sebagai Kanit Resintel Polsek Tangerang Polda Metro Jaya pada 1990. Berbagai jabatan tinggi di kepolisian pernah dipegang, seperti menjadi Kapolda Banten, Kapolda Jawa Barat, Kabaintelkam dan sekarang Irwasum Polri.

Disamping itu, Dofiri merupakan jenderal bintang tiga yang memimpin Sidang Komisi Etik terhadap mantan Kepala Divisi Propam Polri, Ferdy Sambo. Hasilnya, Ferdy Sambo dipecat alias diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH) karena terlibat pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Sidang kode etik Irjen Ferdy Sambo

Photo :
  • Polri TV

Sebelumnya diberitakan, Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy Pramono memasuki masa pensiunnya pada 28 Juni 2023. Tahun ini, Gatot genap berusia 58 tahun dan segera memasuki masa pensiun sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri. 

Dalam Pasal 3 Ayat (2) PP itu berbunyi, 'Batas usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) maksimum 58 (lima puluh delapan) tahun'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya