Hilang Kontak, Pesawat SAM Air Dipastikan Jatuh di Hutan Papua

SAM Air tergelincir di Papua
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

Jakarta - Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM AIR) jenis Caravan, dengan nomor penerbangan PK-SMW dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim ke Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Berdasarkan video yang dilihat VIVA, pesawat SAM Air jatuh ketika melewati sebuah hutan. Dalam video itu juga terlihat badan pesawat yang hancur dan mengeluarkan asap hitam di tengah hutan atau perbukitan.

Pesawat Sam Air yang ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat berada di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa, 7 Juni 2022.

Photo :
  • ANTARA
INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi juga menyebut posisi terakhir pesawat telah terdata berdasarkan trek penerbangannya.

"Posisi pesawat PKSMW melalui satellite tracking terakhir pada koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956FT," kata Henri saat dihubungi, Jumat, 23 Juni 2023.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Intinya Basarnas sudah aksi cepat dan ketahui posisi berdasarkan track penerbangannya," sambungnya.

Henri menambahkan, pesawat PKSMW berangkat dari Bandara Elelim pada pukul 10.53 LT menuju airstrip POIK dengan ETA di airstrip POIK Pukul 11.06 LT.

"Sampai dengan pelaporan ini masih diupayakan pencarian informasi keberadaan pesawat PKSMW," katanya.

Sebelumnya, Kepala seksi Operasi dan Siaga SAR Jayapura Marinus B. Ohoirat mengatakan, SAR Jayapura mendapatkan informasi dari Airnav Sentani pada pukul 12.11 WIT hilang kontak. 

“Jadi tadi pada pukul 12.11 WIT kami dapat informasi dari Airnav Sentani kalau ada pesawat PK-SMW dari Elelim tujuan Bandara Poik. Harusnya pesawat terbang pukul 10.53 WIT dan rencana tiba pukul 11.06 WIT, namun setelah pesawat terbang di waktu yang harusnya tiba, pesawat belum tiba,” kata Marinus, ketika dihubungi, Jumat 23 Juni 2023.

Ia mengatakan, setelah SAR Jayapura melakukan koordinasi dengan Airnav dan SAM AIR, dinyatakan pesawat hilang kontak 7 menit setelah pesawat terbang. 

“Jadi pesawat itu dari Elelim tujuan Poik membawa 6 orang penumpang yakni 2 crew dan 4 orang penumpang. Sampai saat ini belum diketemukan keberadaan pesawat,” ujarnya.

SAM Air tergelincir di Papua

Photo :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

Marinus menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan SAM AIR dan telah melakukan pencarian dari Wamena menggunakan pesawat pilatus menuju lokasi lokasi hilang kontak. 

“Pencarian menggunakan helikopter pun sudah dilakukan, tapi belum diketahui keberadaan pesawat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya