Pesawat SAM AIR Hilang Kontak di Yalimo Papua Tengah, Pencarian Dilakukan

Pesawat Sam Air
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Papua – Pesawat Semuwa Aviasi Mandiri (SAM AIR) jenis Caravan, dengan nomor penerbangan PK-SMW, dikabarkan hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Bandara Elelim tujuan Bandara Poik, Kabupaten Yalimo. 

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Kepala seksi Operasi dan Siaga SAR Jayapura Marinus B. Ohoirat mengatakan, SAR Jayapura mendapatkan informasi dari Airnav Sentani pada pukul 12.11 WIT hilang kontak. 

“Jadi tadi pada pukul 12.11 WIT kami dapat informasi dari Airnav Sentani kalau ada pesawat PK-SMW dari Elelim tujuan Bandara Poik. Harusnya pesawat terbang pukul 10.53 WIT dan rencana tiba pukul 11.06 WIT, namun setelah pesawat terbang di waktu yang harusnya tiba, pesawat belum tiba,” kata Marinus, ketika dihubungi, Jumat 23 Juni 2023.  

2 Juta Hektare Lahan di Merauke Bakal Jadi Kebun Tebu, Bahlil: Masa Impor Gula Terus

Ia mengatakan, setelah SAR Jayapura melakukan koordinasi dengan Airnav dan SAM AIR, dinyatakan pesawat hilang kontak 7 menit setelah pesawat terbang. 

“Jadi pesawat itu dari Elelim tujuan Poik membawa 6 orang penumpang yakni 2 creuw dan 4 orang penumpang. Sampai saat ini belum diketemukan keberadaan pesawat,” ujarnya.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Marinus menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan SAM AIR dan telah melakukan pencarian dari Wamena menggunakan pesawat pilatus menuju lokasi lokasi hilang kontak. 

“Pencarian menggunakan helikopter pun sudah dilakukan, tapi belum diketahui keberadaan pesawat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya