Suasana Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arafah

Jemaah Haji Indonesia tiba di Arafah
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Mekah - Hari ini, Senin 26 Juni 2023, secara bertahap para jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Arafah untuk melaksanakan puncak haji, Wukuf di Arafah pada Selasa 27 Juni 2023. 

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Para jemaah dari hotel di Mekah diberangkatkan ke Arafah dengan skema tiga trip perjalanan. Trip pertama jemaah didorong ke Arafah menggunakan bus mulai pukul 07.00 - 11.00 waktu Arab Saudi. Trip kedua mulai pukul 11.00-17.00 waktu Arab Saudi. Dan trip ketiga mulai pukul 17.00-24.00 waktu Arab Saudi . 

Sebagian jemaah tampak tiba di Arafah dan langsung menempatkan tenda-tenda yang sudah disediakan. Para petugas yang sudah bersiaga sejak Minggu malam, 25 Juni 2023, sejak pagi tadi sudah menyambut para jemaah haji. Salah seorang petugas haji tampak memapah jemaah lansia sambil melantunkan talbiyyah. 

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Jemaah Haji Indonesia tiba di Arafah

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Perlu diketahui, pada pelaksanaan puncak haji 27 Juni 2023 atau 9 Dzulhijjah,  bukan hanya jemaah haji Indonesia yg menjalani wukuf di Arafah tetapi juga seluruh jemaah haji dunia dari berbagai negara, termasuk Indonesia mulai melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Sekadar gambaran, ritual ini sebagai penanda sah atau tidaknya seorang calon haji dalam melaksanakan rukun Islam ke- 5 itu. Dalam pelaksanaannya, para jemaah diwajibkan melakukan ritual berdiam diri di Padang Arafah sejak matahari tergelincir pada 9 Zulhijah hingga terbitnya fajar pada 10 Zulhijah 1444 H.

Wukuf juga untuk mengingatkan akan sejarah awal kehadiran umat manusia di muka bumi. Di Padang Arafah itulah terdapat Jabal Rahmah, sebuah bukit yang berdasarkan riwayat merupakan tempat bertemunya Adam dan Hawa.

Karena termasuk ibadah inti, momen wukuf atau biasa disebut sebagai puncak haji ini sangat dimanfaatkan betul oleh para jemaah haji, untuk berdoa dan memohon ampun. Rombongan jemaah haji Indonesia yang telah tiba di  Arafah sejak 26 juni 2023, sehari jelang wukuf berlangsung tampak memenuhi tenda-tenda yang telah disediakan.

Para jemaah benar-benar memanfaatkan waktu menunggu wukuf sambil  berdoa dan melakukan aktivitas ibadah seperti membaca Alquran dan membaca berbagai doa-doa. Pantauan  liputan VIVA. jemaah asal Indonesia menempati tenda-tenda yang terpasang di 70 maktab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya