Al Zaytun Bolehkan Shaf Pria dan Wanita Dicampur, Panji Gumilang: Itulah kebebasan Beragama!

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang
Sumber :
  • YouTube

Jakarta - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang buka suara soal dicampurnya saf salat antara laki-laki dengan wanita. Dia mengaku hanya ingin mengangkat martabat seorang perempuan.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

"Saya mengedepankan fikih sosial, mengangkat harkat, martabat wanita yang selama ini terpinggirkan. Baru dimulai dalam politik, itupun hanya 30%," kata Panji dalam program Kick Andy yang dikutip VIVA, Rabu, 28 Juni 2023.

Dia mengatakan pemahaman yang dimilikinya berdasarkan Alquran sama sepertinya umat muslim lainnya. Menurutnya, laki-laki dan perempuan harus sejajar.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

"Pemahaman saya dari Alquran, harus sejajar. Kalau soal itu saja dibilang menyesatkan, gimana dunia? Itu hak asasi manusia untuk menjalankan ibadah menurut keyakinannya," ujarnya.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Panji juga mengaku tidak masalah ketika pihak lain menyebut pemahaman yang dianutnya menyimpang. Bagi dia, hal itu, tak bisa disamakan antara pemahan satu orang dengan yang lainnya.

"Itu anggapan yang tidak sama dengan anggapan kita, ya oke-oke saja. Wong saya juga tidak menyalahkan orang itu. Ini lah kebebasan beragama, siapapun tidak boleh memberikan stigma," katanya.

Pun, Panji menyampaikan, kurikulum yang dipakai di Al Zaytun berdasarkan Kementerian Agama. Maka itu, ia membantah pernyataan bahwa Ponpes yang dipimpinnya menganut ajaran sesat.

"Kalau kita pikir ajaran di Al Zaytun ada kurikulum. Kurikulum jelas, dari departemen Agama, kurikulum Diknas kita combine dan itu mendapatkan akreditasi A unggul," kata Panji.

Menurut dia, akreditasi A unggul itu mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat atas. "Kalau itu sebuah ajaran sesat, dari dulu sudah out," ujarnya.

Sebagai informasi, kontroversial Ponpes Al Zaytun salah satunya karena memperbolehkan jemaah pria dan perempuan bercampur. Kejadian itu diduga terjadi saat Salat Idul Fitri.

Kontroversial saf salat itu membuat heboh media sosial seperti diunggah akun Instagram @kepanitiaanalzaytun.
Dalam foto yang diunggah akun dengan bio 'Ini adalah akun resmi Kepanitiaan Al-Zaytun, meliput berbagai kegiatan acara di Ma'had Al-Zyatun, Indonesia', unggahan foto salat Id pada Sabtu, 22 April 2023.

Foto itu terdapat saf jemaah yang dibuat berjarak. Namun, ada juga jemaah perempuan di posisi paling depan di antara laki-laki. Ribuan warganet pun akhirnya heboh dengan meninggalkan komentar di unggahan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya