Hari Bhayangkara ke-77, Puan Yakin Polri Mampu Jaga Tahun Politik dengan Aman

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan ucapan Hari Bhayangkara untuk Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang ke-77. Dalam kesempatan itu, Puan berharap agar Polri dapat meningkatkan kedisiplinan hingga lebih profesional dalam melayani masyarakat.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 di tahun 2023. Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat," kata Puan dikutip dari tayangan video, Sabtu, 1 Juli 2023.

Dengan tingkat profesionalitas itu, Puan yakin Polri dapat menjaga tahun politik. Dengan begitu, maka penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berjalan dengan damai, aman dan gembira.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Dengan profesionalitasnya, saya meyakini Polri mampu menjaga tahun politik sehingga pemilu 2004 bisa berjalan dan berlangsung dengan aman, damai dan gembira," jelas Puan.

Ilustrasi Polri.

Photo :
  • Istimewa
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Seperti diketahui, HUT Bhayangkara selalu diperingati setiap tanggal 1 Juli. Pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara tahun ini, diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-77 ini, akan ada beberapa pameran yang dihadirkan seperti pameran alat material khusus (almatsus) Polri, kemudian festival pasar rakyat hingga terdapat stand perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan SKCK keliling. 

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 1.777 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan khusus pada puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Mereka akan bersiaga di sekitar kawasan GBK agar perayaan HUT Bhayangkara ke-77 berjalan dengan lancar.

"Untuk pengamanan kita libatkan 1.777 personel gabungan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu, 1 Juli 2023. 

Adapun dari total 1.777 personel itu terdiri dari anggota Polda Metro Jaya sebanyak 976 personel dan 628 personel lainnya dari tingkat Polres. 

Kemudian, dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang terdiri dari Satpol PP 60 personel, Dishub 55 personel, pemadam kebakaran 30 persen dengan 6 unit mobil, serta 28 personel dari dinas kesehatan dengan empat unit mobil ambulans.

Tak hanya mengerahkan personel, Trunoyudo juga menyebut pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kemacetan yang terjadi buntut perayaan HUT Bhayangkara ke-77.

Trunoyudo juga meminta kepada para masyarakat untuk mencari jalur alternatif lain saat akan melewati kawasan GBK. Sehingga perjalanannya tak terganggu akibat adanya perayaan HUT Bhayangkara ke-77.

"Rekayasa lalu lintas disiapkan, sifatnya situasional," pungkas Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya