Klarifikasi Tuduhan Terima Aliran Uang Korupsi BTS, Menpora Dito Harap Nama Baiknya Dipulihkan

Menpora Dito Ariotedjo Penuhi Panggilan Kejagung
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI sudah rampung memeriksa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo sebagai saksi. Dito pun menjelaskan bahwa dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi BTS Kominfo itu menjadi beban moral untuknya.

Hakim Tunda Sidang Kasus Korupsi Kementan Gegara SYL Diare

Pasalnya saat ini timbul sejumlah pandangan untuknya karena menjadi Menteri Termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Diketahui, Dito Ariotedjo diduga terlibat dalam kasus pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022. Namanya pun ikut terseret dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terdakwa Irwan Hermawan (IH).

Indonesia Vs Uzbekistan, Diskominfo Ajak Warga Jambi Nobar di Gubernuran

"Tapi karena saya memiliki beban moral yaitu hari ini saya diberikan amanah oleh pak Presiden Jokowi sebagai Menpora, dan saya juga memiliki keluarga dimana saya harus meluruskan ini semua dan juga mempertanggungjawabkan kepercayaan publik selama ini," ujar Dito di kompleks Kejagung RI pada Senin 3 Juli 2023.

Menpora Dito Ariotedjo Penuhi Panggilan Kejagung

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Terkuak! SYL Juga Modalin Cucunya Sunatan Pakai Duit Korupsi di Kementan

Dito sendiri menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung RI mulai pukul 13.00 WIB. Ia pun tampak keluar gedung Jampidsus sekira pukul 15.30 WIB.

Politikus partai Golkar pun sudah memberikan klarifikasi terkait dengan beredarnya informasi bahwa dirinya menerima aliran dana sebanyak Rp 27 Miliar.

"Ini terkait tuduhan saya menerima 27 miliar dimana tadi saya sudah saya sampaikan apa yang saya ketahui dan apa yang saya alami," ucap dia.

Ia berharap tuduhan ini bisa segera diklarifikasi ke publik agar memulihkan nama baiknya. 

“Dimana ini nantinya bisa kembali untuk membersihkan nama saya dan juga kepercayaan yang sudah diberikan baik dari bapak Presiden Jokowi maupun masyarakat yang sudah mendukung saya,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Dito bakal dimintai keterangannya oleh Kejaksaan Agung RI terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

Rencananya pemeriksaan dilakukan 3 Juli 2023. Dito diperiksa sebagai saksi. Hal tersebut diungkapkan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung RI, Febrie Ardiansyah. "Benar diperiksa Senin," ujar dia kepada wartawan, Minggu 2 Juli 2023.

Nama Dito disebut dalam berita acara pemeriksaan atau BAP salah satu tersangka dalam kasus ini, yaitu Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan. Dito dituding dapat dana proyek BTS BAKTI Kominfo senilai Rp 27 miliar dalam kurun waktu November sampai Desember 2022. Adapun Irwan bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, pada Selasa 4 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya