Mukjizat, Kisah Jemaah Haji Tiba di Madinah Tak Sadarkan Diri Bisa Lancar Jalani Puncak Haji

Jemaah Haji Indonesia melontar jumroh
Sumber :
  • MCH 2022

JEDDAH – Perjalanan ibadah haji tahun ini 1444H/ 2023 M penuh dengan cerita menarik. Saat kepulangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, satu persatu jemaah menceritakan pengalaman spiritualnya saat melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Seperti kisah jemaah haji asal Solo (SOC 3) Sudarmi (41). Ia menceritakan perjalanannya di Tanah Suci bagai mendapat mukjizat. Ia sangat bersyukur bisa lancar menjalankan puncak ibadah haji. Sudarmi sungguh tak menyangka, saat tiba di Bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah pada 24 Mei 2023, Sudarmi tiba-tiba saja tak sadarkan diri.

Sudarmi (kiri) dan ibunya, Markonah

Photo :
  • MCH 2023
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Sesaat turun dari pesawat terbang, tensinya drop. Merasa menggigil kedinginan hingga leher terasa tercekik. "Gak tau kenapa selama di pesawat tiba-tiba dingin menggigil. Saya langsung dibawa ke RS Madinah. Rasanya duingin sekali, seperti tercekik. Banyak orang seperti membangunkan saya, tapi mulut dan mata tidak bisa terbuka," kata Sudarmi mengenang kejadian yang menakutkan.

Peristiwa yang dialami Sudarmi ini juga sempat membuat ibunya, Markonah (65) merasa sedih dan khawatir. Apalagi awalnya, Sudarmi yang akan menjadi pendamping ibunya selama menjalani ibadah di Tanah Suci. Tapi siapa sangka, justru Sudarmi yang mengalami sakit setibanya di Madinah. 

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Enam hari dirawat di rumah sakit, Sudarmi mengikhlaskan diri tidak bisa menjalani Arbain di Masjid Nabawi. Bersyukur, dua hari terakhir berada di Madinah kondisinya pulih kembali. "Saya gak nyangka bisa hidup. Gapapa saya gak bisa Arbain, ini mukjizat saya bisa sembuh," ucapnya penuh rasa syukur. 

Ia tak henti mengucap Alhamdulillah, seluruh rangkaian puncak haji, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, lempar jumroh, Mabit di Mina hingga tawaf ifadoh dan tawaf wada bisa terselesaikan dengan lancar. 

Saat berada di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menunggu proses kepulangan ke Tanah Air, ibunya pun merasa bahagia, Sudarmi sehat kembali dan bisa kembali pulang bersamanya. "Iya Alhamdulillah, bisa sehat lagi kembali pulang bersama," kata Markonah bahagia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya