3 Jemaah Haji Hilang di Armuzna Belum Ditemukan, PPIH Gencar Lakukan Pencarian

Jemaah Haji Indonesia tiba di Arafah
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Mekkah – Puncak haji sudah selesai, bahkan secara berangsur-angsur para jemaah haji sudah diberangkatkan pulang ke Tanah air. Namun di tengah proses pemulangan para jemaah,  ada sejumlah jemaah haji hingga kini menghilang. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Petugas Perlindungan Jamaah Haji (Linjam) PPIH Arab Saudi hingga saat ini terus melakukan pencarian ke berbagai tempat. 

Salah satu jemaah yang hilang sempat ramai jadi perbincangan yakni Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya, SUB  65. Jemaah ini dikabarkan terakhir terlihat saat melakukan wukuf di Arafah. Dari informasi yang beredar, Minggu, 9 Juli 2023, jemaah Niron menghilang sejak 1 Juli 2023.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Untuk mencari jemaah yang hilang, tim linjam (perlindungan jemaah) terus menyisir  berbagai tempat prosesi perhajian di Mekkah maupun Jeddah bahkan hingga ke Thaif. 

Selain Niron ada lagi 2 jemaah lainnya yang hingga saat ini belum kembali ke pemondokan. 

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Jamarat

Photo :
  • Bahauddin-Darmawan/MCH2019

Kepala Bidang (Kabid) Linjam Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Kolonel Laut Harun AR menyatakan masih terus melakukan pencarian hingga saat ini.

Selain Niron, ada juga Idun Rohim Zen (87) dari embarkasi Palembang kelompok terbang (kloter) PLM 20 dan  Suharja Ardi  (71), dari embarkasi Kertajati kloter KJT 10. “Kita masih terus melakukan pencarian terus,” katanya.

Sweeping ke berbagai tempat  terus dilakukan. Bukan hanya melakukan sweeping di kawasan Arafah, Muzdalifah dan Mina tapi juga di  beberapa Rumah Sakit (RS) di Mekkah dan Jeddah sejak dinyatakan hilang hingga saat ini.

“Mohon doa restu semoga cepat kita ketemukan kabarnya,” kata  Kol Harun yang juga menyebar tim slaber.

Perlu diketahui, Niron belum kembali sejak lempar jumrah hari kedua di Mina. Sedangkan Idun dan Suharja dinyatakan terpisah tanpa kabar setelah wukuf di Arafah menjelang keberangkatan ke Muzdalifah.

Suharja sendiri semula izin keluar tenda untuk pergi ke toilet. Namun sejak saat itu, belum kembali hingga wukuf di Arafah selesai dan hingga kini puncak haji telah selesai ketiganya juga belum diketemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya