Dorong Kesadaran Keamanan Siber, PAN Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat

Ketua Fraksi PAN MPR Alimin Abdullah
Sumber :

JakartaPartai Amanat Nasional (PAN) melihat masih banyak masyarakat yang belum terliterasi dengan baik mengenai keamanan digital.

Nama Eddy Suparno Masuk Bursa Calon Menteri dari PAN, Pengamat Bilang Begini

Hal itu dikemukakan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN, Alimin Abdullah. "Kita harus meningkatkan literasi digital dengan cakap dan benar,” kata Alimin, Senin, 10 Juli 2023.

Selain  menggencarkan literasi keamanan digital, menurut Alimin, PAN juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dengan baik. Salah satunya memanfaatkan media sosial sebagai sarana pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendigitalisasi produk-produk mereka.

Zulhas Boyong 38 DPW PAN Foto Bareng Jokowi di Istana

Ilustrasi digitalisasi.

Photo :
  • Pixabay

“Sangat besar kemungkinan bagi kita untuk memanfaatkan media sosial pada ruang internet untuk menjangkau pasar global,”  katanya.

Khofifah Ingin Duet Lagi dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Menurut dia, PAN melihat potensi yang besar jika UMKM mau masuk ke dunia digital. Berdasarkan riset Google yang menyebut nilai ekonomi lokapasar mencapai US$59 miliar pada 2022, setara 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia yang besarnya US$77 miliar.

Alimin mengatakan, upaya mendorong digitalisasi UMKM selaras dengan program Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum PAN. Ditargetkan penerapan digitalisasi mencakup 1.000 pasar rakyat dan 1 juta UMKM.

“Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya selaku pengguna internet yang aktif. Salah satu dari manfaat internet,” kata Alimin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya