Polisi Gandeng Tim TAA Usut Penyebab Kecelakaan Kereta vs Truk di Semarang

Kereta api Brantas tabrak truk di Semarang
Sumber :
  • Humas Polda Jateng

Jawa Tengah – Polisi masih menyelidiki kecelakaan Kereta Api (KA) Brantas tujuan Jakarta-Blitar yang menabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat pada Selasa, 18 Juli 2023 malam.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya telah mengerahkan Tim Traffic Accident Analysis (TAA) untuk mengusut penyebab kecelakaan tersebut.

"Menurunkan Tim TAA Ditlantas Polda (Jawa Tengah) untuk mengetahui detail penyebab kecelakaan," ujar Iqbal dalam keterangannya, pada Rabu, 19 Juli 2023.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Kereta api Brantas tabrak truk di Semarang

Photo :
  • Ist

Berdasarkan keterangan dari saksi di lokasi, Iqbal mengatakan dugaan sementara kecelakaan lantaran truk trailer mogok saat melintasi rel kereta api.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Berdasarkan keterangan saksi di TKP, penyebab awal kecelakaan karena truk mogok di perlintasan kereta api," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, insiden kecelakaan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar menabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam, 18 Juli 2023, sekira pukul 19.20 Wib.

KA Brantas diduga menabrak truk trailer yang tengah melintas di pintu perlintasan KA dari arah utara ke selatan. Dari tabrakan itu, sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak truk.

Pun, bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang.

Satu orang dilaporkan terluka imbas peristiwa tabrakan mencekam antara Kereta Api (KA) Brantas tujuan Jakarta-Blitar dengan truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat. Data sementara versi polisi baru satu orang mengalami luka-luka.

"Sementara korban luka satu orang," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryo Nugroho kepada wartawan, Selasa 18 Juli 2023.

Sementara, Kapolres Kota Besar Semarang, Kombes Irwan Anwar mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Dia mengatakan korban luka satu orang adalah penumpang KA. Korban terluka karena nekat loncat dari KA. "Karena melompat dari kereta api," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya