Bantah Diundang ke Harlah PKB, PBNU: Hoax!

Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Tsaquf saat berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)

Jakarta Pihak Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyebut pernyataan elite PKB yang telah memberikan undangan menghadiri harlah ke25 PKB, kepada Ketum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, adahal hoax.

Sempat Ungkap Kliniknya Kemalingan Ternyata Hoax, dr. Richard Lee Dilaporkan ke Polisi

Wakil Sekjen PBNU, Sulaeman Tanjung memastikan hingga Sabtu pagi, 22 Juli 2023, tidak ada undangan terkait harlah PKB kepada Gus Yahya.

"Kalau ada yang bilang Ketum PBNU diundang di Harlah PKB, itu Hoaks. Hingga saat ini tidak ada undangan dari PKB," kata Sulaeman dalam keterangannya diterima, Sabtu petang, 22 Juli 2023. 

Terpopuler: Hoax soal Guinea dan Doping Uzbekistan

Sulaenan kemudian menyinggung Harlah NU di Sidoarjo. Dia mengakui mengundang Ketum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, tapi tidak hadir.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di Harlah 1 Abad NU

Photo :
  • NU Channel
Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

"Undangan dari PKB kepada PBNU sejauh ini hoaks. Yang tidak hoax itu Harlah NU di Sidoarjo mengundang seluruh Ketum Partai tapi Cak Imin tidak berani hadir," tegas Sulaeman.

Sulaeman juga menyayangkan pernyataan elite PKB yang seolah-olah telah mengundang Ketum PBNU. Padahal, tegas Sulaeman, undangan itu sama sekali tidak ada.

"Di PBNU itu sistem persuratannya sangat rapi. Surat masuk dan keluar tertata dengan rapi dan masuk dalam sistem IT yang terintegrasi sehingga bisa ketahuan kapan ada surat masuk kepada siapa surat ditujukan dan kapan ada surat keluar. Mungkin PKB sistem surat menyuratnya perlu meniru PBNU, biar ketahuan apakah memang ada undangan untuk Ketum PBNU. Atau jangan-jangan undangannya memang tidak ada, jadi hanya hoax semata," imbuhnya. 

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Sjamsurijal megungkapkan pihaknya sudah mengundang Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau karin disapa Gus Yahya di acara puncak hari lahir (Harlah) PKB ke-25 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 23 Juli 2023. 

Cucun berharap Gus Yahya bisa hadir karena PKB dan NU merupaman satu keluarga besar. "Mudah-mudahan beliau (Gus Yahya) bisa hadir lah. Tadi saya sampaikan, semua elite bangsa kita akan diundang, masalah kehadiran beliau-beliau, tergantung yang konfirmasinya," kata Cucun kepada awak media, Kamis, 20 Juli 2023.

Cucun menjelaskan, NU dan PKB sudah berjalan sesuai tracknya. Karena itu, kata Cucun, PKB juga mensyukuri hal tersebut, terutama NU dan PKB yang saling mengisi.

"Kalau bicara tadi bagaimana NU dengan PKB kita berjalan bahwa dalam tracknya PKB ini sebagai partai politik yang dilahirkan para kyai, para ulama akan terus berjalan, tidak akan berhenti untuk perjuangan kaum Nahdliyyin," kata dia.

Cucun menambahkan, acara puncak Harlah PKB tersebut akan dihadir oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, para ketum parpol diundang dalam acara tersebut, termasuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

PKB, lanjut Cucun turut mengundang tuan rumah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya