Profil Enzo Zenz Allie, Taruna Akmil Keturunan Prancis yang Akhirnya Lulus

Enzo Zenz Allie
Sumber :
  • instagram.com/tni_angkatan_darat

Magelang – Baru-baru ini beredar video viral mengenai kelulusan Enzo Zenz Allie dari Akademi Militer TNI, yakni seorang pemuda WNI keturunan Prancis yang masuk menjadi calon Taruna Akademi Militer TNI dan sempat jadi perbincangan pada tahun 2019 lalu..

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Nah, mengetahui latar belakang Ezo, berikut profile Enzon Zenz Allie yang VIVA dapat rangkumkan dilansir dari berbagai sumber:

VIVA Militer: Enzo Zenz Allie, taruna Akmil, Magelang, Jateng.

Photo :
  • tvOne
3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Profil Enzon Zenz Allie

Enzo Zenz Allie adalah anak seorang warga negara Prancis, Jean Paul Francois Allie, dan Siti Hajah Tilaria yang merupakan keturunan Indonesia asal Sumatera Utara. Ayah Enzo, Jean Paul Francois Allie, meninggal dunia pada tahun 2012 silam.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Sejak kecil, Enzo berada di Prancis karena ikut kedua orang tuanya. Enzo Zenz Allie datang dan pelajar di Indonesia saat memasuki SMP dan sempat masuk pesantren di Serang.

Enzo disebut memang anak yang pintar. Bahkan selama mengikuti pendaftaran Akademi Militer, Enzo memiliki nilai psikotes yang bagus. Begitu pula dengan kesehatan jasmaninya.

“Semua kriteria yang ditetapkan TNI, dia jauh di atas rata-rata. Fisiknya bagus, jasmani bagus, kesehatan bagus, kepribadiannya bagus. Sayang sekali kalau dia nggak jadi TNI,” ungkap Kapusen TNI Mayzen Sisriadi, Rabu, 26 Juli 2023.

Dari hasil tes Samapta, Enzo mampu melakukan pull up 19 kali, sit up 50 kali dan push up 50 kali masing-masing dalam waktu 60 detik. Bahkan Enzo mampu berlari 7,5 putaran X 400 meter atau 3.000 meter dalam 12 menit, renang 50 meter dalam 60 detik.

Enzo kemudian pun dinyatakan lulus menjadi taruna Akmil Magelang. Selain Bahasa Prancis dan Indonesia, Enzo juga menguasai Bahasa Inggris, Italia dan Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya