6 Fakta Enzo Zenz Allie, Taruna Akmil Keturunan Prancis, Mantan Santri yang Fasih 4 Bahasa

VIVA Militer: Enzo Zenz Allie, taruna Akmil, Magelang, Jateng.
Sumber :
  • tvOne

Jakarta – Pada tahun 2019 lalu viral pemuda WNI keturunan Prancis masuk menjadi calon Taruna Akademi Militer TNI. Remaja tersebut yakni Enzo Zenz Allie yang merupakan keturunan Prancis.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Ayahnya Enzo adalah warga negara Prancis. Sementara ibunya dari Sumatera Utara, Indonesia. Ia lahir di Prancis, dan sempat mengenyam Sekolah Dasar (SD) di sana.

Enzo Taruna Akmil Keturunan Prancis

Photo :
  • Tangkapan Layar
WNI di Qom: Iran Malah Menunggu-nunggu Serangan Balasan Israel, Rakyatnya Tidak Takut

Kini, di tahun 2023, Enzo berhasil lulus dari Akademi Militer, hal ini sebagaimana beredar video kelulusannya yang diunggah oleh akun TikTok @.araaramochii.

Nah, berikut VIVA rangkumkan dari berbagai sumber mengenai deretan fakta Enzo Zenz Allie, Taruna Akademi militer TNI keturunan Prancis yang sempat viral di tahun 2019 dan kini sudah lulus melalui proses pendidikan:

1. Taruna Akmil Cita-cita Enzo

Dilansir dari VIVA, 26 Juli 2023, Sang Bunda, Siti Hadiati Nahriah sempat mengatakan menjadi Taruna Akmil merupakan cita-cita kecil Enzo Zenz. Ia pun mengaku senang bahwa sang anak mampu lolos seleksi.

2. Anak Yatim

Enzo, taruna akmil keturunan Prancis merupakan anak yatim. Sebab, ayahnya, Jeans Paul Francous Allie meninggal dunia akibat serangan jantung di Prancis sehingga Enzo dan ibunya kembali ke Indonesia.

3. Mantan Santri di Ponpes Banten

Enzo Zenz Allie

Photo :
  • U-Report

Setelah pindah ke Indonesia di tahun 2014, Enzo mengenyam pendidikan di salah satu pesantren di Banten, yakni Pondok Pesantren Al Bayan, Anyer, Serang.

Menurut Kepala Sekolah SMA Boarding School Al Bayan, Deden Ramdani, Enzo berkeinginan menjadi prajurit TNI yang saleh sejak kecil. Guru mata pelajaran kimia itu mengaku bergidik mendengar pengakuan dari muridnya tersebut.

"Enzo pernah menyampaikan ke saya kalau dia ingin menjadi prajurit TNI saleh. Itu saya merinding dengarnya," kata dia, dilansir dari VIVA, Rabu 26 Juli 2019.

Deden juga mengaku selama mengenyam pendidikan di pesantren, Enzo selalu tekun, rajin dan giat dari siswa pada umumnya guna mengejar cita-citanya yang ingin menjadi militer.

4. Fasih Empat Bahasa

Enzo Zenz Allie

Photo :
  • Istimewa

Salah satu faktor yang membuat Enzo lulus akmil adalah kemampuan berbicara empat bahasa. Enzo bisa menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, dan Arab.

5. Hasil Tes yang Fantastis

Dari hasil tes Samapta, Enzo mampu melakukan pull up 19 kali, sit up 50 kali dan push up 50 kali masing-masing dalam waktu 60 detik. Bahkan Enzo mampuu berlari 7,5 putaran X 400 meter atau 3.000 meter dalam 12 menit, renang 50 meter dalam 60 detik.

6. Sempat Jadi Taruna Tingkat Satu

Dilansir dari intagram @perhumas_akademi_Militer, Enzo menjawab pertanyaan ringan dalam Bahasa Prancis pada sebuah wawancara dengan Radio Tidar,

Saat ini merupakan taruna tingkat tiga dengan pangkat Sersan Mayor Taruna. Taruna asal Cilegon, Banten itu juga menyandang jabatan di akmil. ”Komandan taruna tingkat satu,” ujar Enzo pada 18 Juni 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya