Sambut Kepulangan Petugas Haji, Menag Yaqut: Terima Kasih Sudah Melebihi Ekspektasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan 282 Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji atau PPIH baik dari Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pria yang akrab disapa Gus Men itu mengucapkan terima kasih kepada para petugas, baik itu petugas PPIH, kesehatan, media yang turut ikut serta meliput dan mengabarkan, tentang jemaah haji ke keluarganya di Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih kepada petugas atas dedikasinya dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang sudah dilakukan, dan luar biasa bahkan melampaui ekspektasi yang kami buat sendiri," ujarnya di Tangerang.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Menurut Yaqut, semua petugas haji baik dari tim media center haji siang malam memberitakan aktivitas jemaah. Bahkan petugas yang menggendong jemaah, memandikan, atau menggantikan popok yang mungkin dirumah mereka tidak sempat melakukan itu ke orang tuanya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan petugas haji di Bandara Soetta

Photo :
  • Kemenag
Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Selain menyaksikan sendiri perjuangan para petugas, Menag juga memperoleh banyak testimoni dari jemaah terkait dedikasi para petugas. 

"Saya mendapatkan banyak WA dari jemaah yang mengungkapkan terima kasih kepada petugas. Bahkan ada yang bercerita ke saya hingga menangis haru," kata Menag. 

Karenanya, Menag mengucapkan terima kasih kepada para petugas haji, dan selamat berkumpul kembali bersama keluarga di Tanah Air.  

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada petugas, apalagi di tahun ini jemaah lansia ada 67 ribu dan tentu membutuhkan tenaga kesehatan yang ekstra keras bekerja. Jadi, kalau ada yang menilai kinerja petugas buruk, saya akan menghadapinya, karena saya menjadi saksi semua petugas bekerja dengan keras dan melampaui ekspektasi," ujarnya.

Atas hal ini pun, Menteri Yaqut akan memberikan penghargaan khusus bagi para petugas PPIH.

"Ada (penghargaan), kita akan memberikan penghargaan kepada petugas haji, untuk sementara masih rahasia dulu apa itu, kita sediakan, sebagai wujud terima kasih kami semua, terima kasih jemaah haji," ungkapnya.

Diketahui,  hari ini, sebanyak 440 petugas haji yang ditempatkan pada Daerah Kerja (Daker) Mekkah tiba di Tanah Air. Sebanyak 282 petugas tiba di Bandara Soetta Kamis pagi, sedangkan 158 petugas akan tiba pada penerbangan sore ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya