Teror Karangan Bunga ke Pimpinan KPK usai OTT Kabasarnas, Firli Lapor ke Kapolri

Sejumlah karangan bunga yang meneror pejabat dan pimpinan KPK.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengaku sudah menyampaikan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal pimpinan lembaga antirasuah yang dikirimi karangan bunga.

SYL Marah Jika Anak Buahnya Telat Bayar Setoran: Kamu Kurang Loyal!

"Hal ini sudah kami sampaikan kepada Kapolri, begitu kami mendapat berita ada kiriman bunga kami sampaikan kepada Kapolri," ujar Firli saat konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 31 Juli 2023.

Sejumlah karangan bunga yang meneror pejabat dan pimpinan KPK.

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Daftar yang Jadi Sahabat Pengadilan di Sidang Korupsi Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Firli mengaku, Kapolri memiliki tanggungjawab untuk mengungkap siapa pengirim teror karangan bunga tersebut.

"Karena itu adalah tanggung jawab kepada kapolri untuk mengungkap siapa yang menyuruh mengirim bunga, darimana bunga itu dikirim, kapan dibuat, siapa pemesannya, itu tugasnya Kapolri," ucap dia.

KPK Tetapkan 3 Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Lahan HGU di PTPN XI

Kendati demikian, Firli mengaku tidak tahu apa makna karangan bunga yang dikirim kepada para pimpinan KPK. Sebab, Firli juga belum bisa mengungkapkan siapa pengirim bunga tersebut.

"Untuk siapa yang kirim sesungguhnya harus kita dalami, saya tidak berani menyampaikan. Ini kita tidak tau makna dari pada kiriman bunga itu. Karena kalau dikirim karangan bunga itu bisa berduka, karena ada orang meninggal, bisa juga karena orang sakit, bisa juga karena bahagia, memberikan tanda cintanya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku mendapatkan sejumlah ancaman lewat pesan gawai pada akhir pekan lalu. Ancaman itu ada berupa nyawa dan karangan bunga di rumah pejabat KPK.

Mengenai ancaman nyawa dan karangan bunga itu diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. 

"Kami dalam beberapa hari ini sedang banyak mendapat tantangan dan ancaman atau teror nyawa dan kekerasan yang disampaikan ke WA maupun karangan bunga yang dikirim ke rumah-rumah struktural dan pimpinan KPK karena memberantas korupsi," ujar Ghufron kepada wartawan, Senin 31 Juli 2023.

Bahkan, Ghufron juga mengirimkan sejumlah foto karangan bunga yang diduga adalah bentuk teror. Kemudian, ada salah satu karangan bunga pun ditujukan ke rumah Direktur Penyidikan dan Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Brigjen Asep Guntur.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan atau Eksekusi KPK Asep Guntur

Photo :
  • Zendy Pradana/ VIVA.

Tidak diketahui siapa pengirim karangan bunga tersebut. Namun, di bagian bawah karangan bunga itu tertulis pengirim karangan bunga itu yakni 'Tetangga'. 

Adapun tulisan karangan bunga tersebut adalah 'Selamat Atas Keberhasilan Anda Bapak Asep Guntur Rahayu Memasuki Pekarangan Tetangga'.

Salah satu karangan bunga juga tertuliskan 'Selamat Atas Keberhasilan Anda Bapak Alexander Marwata Memasuki Pekarangan Tetangga'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya