Refly Harun Juga Dipolisikan Gegara Omongan Rocky Gerung, Ini Alasannya

Refly Harun (Foto/Twitter/Refly Harun)
Sumber :
  • U-Report

Jakarta - Bukan cuma pengamat politik Rocky Gerung, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu, Lisman Hasibuan dalam laporannya juga mempolisikan ahli hukum tata negara, Refly Harun.

Giliran Bos Microsoft Satya Nadella Mau Sowan ke Jokowi

Refly juga jadi terlapor dalam satu laporan yang sama dibuat terhadap Rocky. Dirinya mengatakan Refly juga dipolisikan lantaran menyebar pernyataan Rocky lewat akun YouTubenya. Pernyataan Rocky diduga berisi unsur penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dia (Refly) yang punya channel YouTube dan memasukan video ke channel YouTube dan tersebar ke seluruh Indonesia, yang tonton hampir puluhan ribu yang tonton YouTube tersebut, saat ini masih aktif," kata dia kepada wartawan, Selasa 1 Agustus 2023.

Jokowi Teken UU Daerah Khusus Jakarta

Sama dengan Rocky, Refly pun dilaporkan terkait Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undanh Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 156 KUHP dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sebelumnya diberitakan, polisi akhirnya menerima laporan terhadap pengamat politik, Rocky Gerung, atas pernyataannya yang diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya, relawan Jokowi pada Senin kemarin juga coba buat laporan di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, namun laporannya tidak diterima. 

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Adapun laporan di Polda Metro Jaya dibuat oleh Relawan Indonesia Bersatu, pada Senin 31 Juli 2023 malam. Laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/4459/VII/2023/POLDA METRO JAYA.

"Kami sebagai relawan dan masyarakat Indonesia sangat terganggu. Dan, ini sudah memunculkan kegaduhan makanya kami melaporkan di Polda Metro Jaya sekaligus kita juga melaporkan penyebar video tersebut," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu, Lisman Hasibuan saat dikonfirmasi pada Selasa dini hari, 1 Agustus 2023.

Dalam laporan tersebut, terlapornya tertulis Rocky Gerung dan Refly Harun. Refly dilaporkan karena diduga termasuk turut menyebarkan lantaran tayang di akun YouTube Refly.

Dia menilai ucapan Rocky Gerung tidak etis dan menyerang Jokowi. Hal itu membuatnya terganggu.

"Kenapa? karena diksi-diksi yang dibangun oleh Rocky Gerung sendiri dan pernyataan-pernyataan di salah satu forum yang disebarkan melalui channel YouTube itu sudah sangat tidak etis. Karena dia sangat menyerang kepala negara yang hari ini dipimpin oleh Bapak Jokowi," jelas Lisman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya